PERAN KOMUNITAS SOSIAL RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KECAMTAN GANDUS KOTA PALEMBANG)

Fadil Annafi, Muhammad (2020) PERAN KOMUNITAS SOSIAL RELAWAN ANAK SUMATERA SELATAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER PERCAYA DIRI ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KECAMTAN GANDUS KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang komunitas yang didirikan di Kota Palembang yang perduli terhadap kondisi kehidupan anak jalanan, yang terkhusus berada di Kota Palembang. Anak jalanan yang tidak mendapatkan pendidikan baik di sekolah maupun di rumah. Terdapat 117 anak di Kota Palembang tidak dapat bersekolah. Data tersebut didapat dari dinas Kementrian Sosial Kota Palembang. Pendidikan merupakan suatu hal yang penting bagi anak jalanan untuk menyongsong masa depan, dengan adanya proses pendidikan dapat membantu anak-anak menggapai apa yang mereka impikan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diperoleh melalui data primer yaitu pengurus dan para relawan yang mengajar sebagai narasumber. Untuk analisis data sendiri penulis menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil yang diperoleh melalui wawancara di lapangan bersama pengurus komunitas relawan anak sumatera selatan yaitu dapat disimpulkan bahwa peran komunitas relawan anak sumatera selatan dalam membentuk karakter percaya diri anak jalanan di kota palembang yaitu membantu memotivasi dengan mengadakan kegiatan belajar bersama anak jalanan yang diadakan pada setiap hari minggu. Adapun dalam proses belajar mengajar komunitas RASS memiliki faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukung tersebut meliputi: (1) Dukungan dari pemerintahan kota palembang berupa bantuan dana uang dan peralatan belajar. (2) Pengajar atau pendidik. (3) Fasilitas tempat belajar dan peralatan belajar mengajar. Adapun faktor penghambatnya meliputi: (1) Peserta didik (2) Jadwal dan tenaga pengajar. Kata Kunci: Peran Komuitas Sosial, Karakter Percaya Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 18 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16747

Actions (login required)

View Item View Item