KARAKTERISTIK INTERAKSI EDUKATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG

NOVITA, NOVITA (2020) KARAKTERISTIK INTERAKSI EDUKATIF DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUNAWARIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
SKRIPSI NOVITA.docx

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Karakteristik Interaksi Edukatif di MI Munawariyah Palembang. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana karakteristik interaksi edukatif MI Munawariyah Palembang? (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif peserta didik di MI Munawariyah Palembang? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui karakteristik interaksi edukatif di MI Munawariyah Palembang, (2) Untuk mengetahui apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif peserta didik MI Munawariyah Palembang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data di lakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil yang dapat di lihat dari penelitian ini adalah bahwa guru mengetahui karakteristik interaksi edukatif dan sudah berperan aktif dalam proses belajar mengajar. Karakteristik interaksi edukatif antara lain: (1) Karakteristik interaksi edukatif itu harus di arahkan pada suatu tujuan tertentu yang bersifat mendidik anak ke arah kedewasaan. Memahami karakteristik interaksi edukatif dalam proses pembelajaran itu sendiri ada hubungan timbal balik dan menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan belajar mengajar. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi interaksi edukatif yaitu faktor pendukung dan penghambat, faktor pendukungnya adalah kurikulum dalam kurikulum 2013 di mana peserta didik di tuntut untuk aktif dalam pembelajaran. Guru harus menerapkan kurikulum 2013 dan memperkuat peran sekolah dalam berbagai program pendidikan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah tipe kepemimpinan guru dalam mengelola proses belajar mengajar yang otoriter dan kurang demokratis akan menimbulkan sikap pasif peserta didik. Sikap peserta didik ini akan merupakan sumber masalah dalam pengelolaan kelas. Kata-kata kunci: Karakteristik Interaksi edukatif, Faktor-faktor Interaksi edukatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:29
Last Modified: 18 Oct 2021 04:29
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16754

Actions (login required)

View Item View Item