NURDINI, UTAMI (2019) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA PERILAKU SISWA di SEKOLAH MENENGAH ATAS DHARMA BHAKTI PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
TESIS UTAMI NURDINI.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Utami Nurdini, NIM. 1481015. Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Perilaku Siswa Di Sekolah Menengah Atas Dharma Bhakti Palembang. Kemorosotan moral yang melanda masyarakat kita saat ini, terutama dikalangan siswa sangat memprihatinkan. Hal ini adalah tampak dari perkembangan yang tidak diimbangi dengan kesiapan mental dalam mengkonsumsi dan memanfaatkan teknologi modern. Secara garis besar penyebab utamanya ialah merebaknya teknologi modern dimasyarakat yang semakin sulit dikontrol penggunanya. Padahal, sebenarnya kemajuan teknologi seharusnya diimbangi dengan pembinaan iman dan taqwa yang lebih intensif, terutama terhadap para pelajar kita sebagai penerus bangsa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam membina Perilaku siswa dan faktor yang mempengaruhi guru PAI dalam membina perilaku siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research atau penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Untuk mendapatkan data, penulis melakukan wawancara kemudian observasi,dokumentasi dan triangulasi. Untuk analisis data sendiri penulis melakukan analisis selama dilapangan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil Penelitian yang dilaksanakan, data dilapangan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Perilaku Siswa dengan Pembiasaan Keagamaan Pada Siswa, Melalui Keteladanan, Melalui Nasehat, Melalui Hukuman, dan Kegiatan Ekstrakurikuler Yang Bersifat Keagamaan. Dan Faktor-faktor yang mendukung dalam upaya guru pendidikan agama Islam dalam Membina Perilaku Siswa Di SMA Dharma Bhakti Palembang, Kesadaran, Kemauan Siswa, Rasa Tanggung Jawab Guru Pendidikan Agama Islam, Lingkungan sekolah yang kondusif, Sarana Prasarana sedangkan Faktor-Faktor Yang Menghambat yaitu Latar belakang Siswa Yang Kurang Mendukung, Lingkungan Masyarakat (Pergaulan Siswa), Pengaruh Teknologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ?? |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:29 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16759 |
Actions (login required)
View Item |