PERAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM PALEMBANG DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG BANTUAN HUKUM DITINJAU DALAM HUKUM ISLAM

NURRANI, NURRANI (2019) PERAN LEMBAGA BANTUAN HUKUM PALEMBANG DALAM MEMBERIKAN BANTUAN HUKUM MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 16 TAHUN 2011 TENTANG BANTUAN HUKUM DITINJAU DALAM HUKUM ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peran Lembaga Bantuan Hukum Palembang Dalam Memberikan Bantuan Hukum Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum ditinjau dalam hukum islam” hal ini didasari oleh arti pentingnya perlindungan hukum bagi setiap insan manusia sebagai subyek hukum guna menjamin adanya penegak hukum. Bantuan Hukum itu bersifat membela masyarakat terlepas dari latar belakang, etnisitas, asal usul, keturunan, warna kulit, ideologi, keyakinan politik, kaya miskin, agama, dan kelompok orang yang dibelanya. Adapun masalah yang diangkat adalah Bagaimana Peran Lembaga Bantuan Hukum Palembang Dalam Memberikan Bantuan Hukum Menurut Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum dan Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum. Adapun metodologi penelitian ini menggunakan jenis penelitian Lapangan (to research) yang menggunakan kenyataan yang terjadi di lapangan melalui pendekatan yuridis sosiologis empiris. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi pengamatan langsung penelitian (to research) terhadap objek atau lokasi penelitian, wawancara digunakan untuk mendapat jawaban dari responden atas pertanyaan-pertayaan dalam wawan cara, dan analisis data deskriptif kualitatif metode ini digunakan untuk memberikan gambaran jelas dari fenomena yang ingin diteliti dan memaparkan bagaimana mekanisme peran lembaga bantuan hukum Palembang dalam memberikan bantuan hukum (sabjek penelitian, informasi, dan pelaku), aktivitas dan tempat yang menjadi subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pemberian bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu yang diatur dalam Undang-Undang No. 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum telah berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku. Serta syarat yang dijadikan pertimbangan dalam pemberian bantuan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Kantor Lembaga Bantuan Hukum Palembang, yakni Mengajukan permohonan secara tertulis dan Ditinjau dari hukum Islam, Pemberian Bantuan Hukum Bagi Masyarakat Tidak Mampu di Kantor Lembaga Bantuan Hukum Palembang telah sesuai dengan apa yang diamanahkan di dalam Al-Quran, telah dijelaskan bahwa kewajiban untuk saling tolong menolong dalam kebaikan dan takwa. Hal ini menjadi dasar bagi adanya teori bantuan hukum dalam proses penegakan hukum dan bantuan hukum dalam Islam. Serta ditujukan untuk keadilan, kebaikan dan kemaslahatan umat manusia itu sendiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:30
Last Modified: 18 Oct 2021 04:30
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16772

Actions (login required)

View Item View Item