HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN DISIPLIN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN UJUNG TANJUNG BANYUASIN

HENDI, HENDI (2020) HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DENGAN DISIPLIN SANTRI PONDOK PESANTREN NURUL IMAN UJUNG TANJUNG BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas komunikasi interpersonal yang bersifat intim dan informal guna menyentuh dan memberikan sugesti kepada anak. Sehingga setiap keinginan dari orang tua bisa diwujudkan tanpa adanya tekanan dan paksaaan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi interpersonal orang tua dengan disiplin santri, bagaimana disiplin santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Ujung Tanjung Banyuasin, dan. Kemudian penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan komunikasi orang tua dengan disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Iman Ujung Tanjung Banyuasin. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif Sumber data pada penelitian menggunakan pertama data primer dan kedua data sekunder. Data primer adalah data utama yang diperoleh peneliti langsung dari sumber yang ada; santri dan orang tua. Data sekunder adalah data kedua yang diperoleh peneliti sebagai penunjang dari data primer dalam hal ini dewan ustadz�ustadzah, Kepala Sekolah, dan arsip-arsip yang tersimpan di Pondok Pesantren. . Penelitian ini menggunakan jenis pengumpulan data observasi, angket juga dokumentasi. Teknik analisis data melalui perhitungan distribusi frekuensi, standar deviasi dan melakukan analisis korelasi dengan Product Moment. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: Pertama komunikasi interpersonal orang tua tergolong dalam kategori sedang atau cukup intens. Kedua disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Iman tergolong sedang atau cukup disiplin. Ketiga, hubungan komunikasi interpersonal dengan disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Iman Ujung Tanjung Banyuasin terdapat hubungan yang signifikan terlihat dari r hitung lebih besar dari r tabel menggunakan taraf signifikan 5% =1,9832, dan taraf 1% =1,6597 sementara diperolah r hitung 2,6781 Karena rhitung lebih besar dari rtabel baik pada taraf 1% maupun 5%, maka terdapat hubungan yang sangat signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan disiplin santri. Oleh karena itu, Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga yang berlaku hipotesis yang berbunyi ada hubungan yang signifikan antara komunikasi interpersonal orang tua dengan disiplin santri Pondok Pesantren Nurul Iman Banyuasin.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:31
Last Modified: 18 Oct 2021 04:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16787

Actions (login required)

View Item View Item