LAYANAN KONSELING SEBAYA DALAM MEMBANTU MENYELESAIKAN MASALAH MAHASISWA (Studi Kasus Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi)

WIDIYANTO, HENDRIK (2019) LAYANAN KONSELING SEBAYA DALAM MEMBANTU MENYELESAIKAN MASALAH MAHASISWA (Studi Kasus Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2_BAB I.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB III.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5_BAB IV.pdf

Download (633kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6_BAB V & DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

Layanan Konseling Sebaya Dalam Membantu Menyelesaikan Masalah Mahasiswa (Studi Kasus Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Dakwah dan Komunikasi). Dalam proses perkembanganya mahasiswa masuk ke dalam dewasa awal dimana mereka mempunyai tugas perkembangan yang lebih berat dari sebelumnya. Mereka rentan mengalami sebuah permasalahan oleh karena itu layanan konseling sebaya hadir untuk membantu menyelesaikan masalahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa BPI angkatan 2018 Fakultas Dakwah dan Komunikasi, usaha-usaha yang dilakukan mahasiswa untuk menyelesaikan masalahnya dan bagaimana layanan konseling sebaya dalam membantu menyelesaikan masalah mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui masalah-masalah yang dihadapi mahasiswa BPI angkatan 2018 Fakultas Dakwah dan Komunikasi, usaha-usaha yang dilakukan mahasiswa untuk menyelesaikan masalahnya dan layanan konseling sebaya dalam membantu menyelesaikan masalah mahasiswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field research) yang bersifat kualitatif. Subyek penelitian ini berjumlah 5 orang yang dipilih berdasarkan proposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data melalui empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian masalah yang paling menonjol atau paling banyak dialami oleh mahasiswa yaitu bidang masalah Karir dan Pekerjaan (KDP) sebesar 22.99 %. Usaha-usaha yang telah dilakukan subyek untuk menyelesaikan masalahnya yaitu curhat dengan teman kelas, curhat dengan teman kos, curhat dengan teman sebaya, curhat dengan orang tua, curhat dengan kakak/adik, mendekatkan diri kepada Allah, mengingat Allah dan konsultasi dengan ustadz/ustadzah. Layanan konseling sebaya membantu subyek mengetahui, mengenal dan memahami kelebihan dan kekurangan dirinya, menambah wawasan mengenai lapangan pekerjaan setelah lulus dari jurusan BPI, lebih percaya diri. Selain itu juga layanan ini membantu subyek menemukan alternatif dalam pemecahan masalahnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70232 - Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:32
Last Modified: 18 Oct 2021 04:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16797

Actions (login required)

View Item View Item