PUTRI, SEPTRIANI EKA (2020) PENGARUH METODE PERMAINAN BAHASA MELENGKAPI CERITA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DI KELAS III DI MADRASAH IBTIDAIYAH IKHLASIYAH PALEMBAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.
|
Text
skripsi keseluruhan septari.pdf Download (505kB) | Preview |
Abstract
Judul penelitian ini adalah: pengaruh pelaksanaan metode permainan bahasa melengkapi cerita terhadap kemampuan membaca siswa di Kelas III MI Ikhlasiyah Palembang. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan membaca siswa melalui metode permainan bahasa melengkapi cerita dengan teknik melengkapi kalimat, bagaimana proses pelaksanaan pembelajaran dalam peningkatan kemampuan membaca siswa melalui metode permainan bahasa melengkapi cerita dengan teknik melengkapi kalimat dan bagaimana peningkatan kemampuan membaca siswa melalui metode permainan bahasa melengkapi cerita dengan teknik melengkapi kalimat di Kelas III MI Ikhlasiyah Palembang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas III di MI Ikhlasiyah Palembang yang berjumlah 30 orang. Seluruh anggota populasi dijadikan objek penelitian. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menggunakan dua sumber data yaitu Sumber data primer, dan skunder. Penelitian mengunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dan metode angket. Dalam analisis data, langkah pertama pengumpulan data, selanjutnya adalah direkapitulasi. Langkah berikutnya adalah dianalisis dengan statistik, yang dimulai dari mean. Kemudian standar deviasi, TSR dan persentase. Kemudian analisis secara deskriptif kualitatif, dengan cara :Reduksi Data dan Triangulasi Data Penyajian DataVerivikasi / Penarikan Kesimpulan. Untuk menganalisis pengaruh antar variabel diawali dengan tabulasi silang, Kai Kuadrat dan Korelasi Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian ini adalah pertama, pelaksanaan metode permainan bahasa melengkapi cerita di Kelas III MI Ikhlasiyah Palembang adalah dalam kategori cukup, yaitu 21 orang responden (70,00 %) yang menyatakan demikian. Kedua, kemampuan membaca siswa melalui metode permainan bahasa melengkapi cerita di Kelas III MI Ikhlasiyah Palembang adalah dalam kategori cukup, yaitu 22 orang responden (73,33 %) yang menyatakan demikian. Ketiga, ada pengaruh positif yang signifikan antara pelaksanaan metode permainan bahasa melengkapi cerita terhadap kemampuan membaca siswa di Kelas III MI Ikhlasiyah Palembang
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | ?? BP ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:32 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:32 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16807 |
Actions (login required)
View Item |