Strategi Humas Perpustakan dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Dinas Kearsipan dan Perpustaakaan di Kota Palembang

Oliviyah, Natasyah (2019) Strategi Humas Perpustakan dalam Meningkatkan Jumlah Pengunjung di Dinas Kearsipan dan Perpustaakaan di Kota Palembang. Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Natasyah Oliviyah 1617010093.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Peningkatan terhadap mutu pendidikan selaras dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM). Keberhasilan sebuah lembaga ditentukan oleh pengelolaan serta strategi yang digunakan. Eksistensi suatu lembaga tidak lepas dari humas yang mampu menjalankan perannya serta penerapan strategi yang baik. Guna meningkakan jumlah pengunjung perpustakaan, humas berperan dalam menentukan strategi yang digunakan. Perpustakaan sendiri merupakan sebuah lembaga yang didirikan guna membantu mencerdaskan kehidupan bangsa. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh deskripsi mengenai strategi humas yang dijalankan dalam upaya meningkatkan jumlah pengunjung pada Dinas Kearsipan dan perpustakaan Kota Palembang, kelebihan dari strategi yang digunakan serta kelemahannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat. Metode ini mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat. Teori yang berkaitan dengan strategi yang akan dilakukan oleh humas perpustakaan adalah Teori Penyusunan Tindakan menguji cara kita mengatur pengetahuan dalam pikiran dan menggunakannya untuk membentuk pesan. Dalam menentukan staretegi Humas memiliki empat langkah kegiatan pemecahan masalah. Keempat langkah itu adalah Planning, Organizing, Actuating, Evaluating. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika strategi yang digunakan oleh humas perpustakaan ada empat yang pertama adalah strategi humas yang aktif, kedua strategi event perpustakaan, ketiga Strategi pemasaran melalui internet dan yang terakhir adalah strategi peningkatan pelayanan di perpustakaan. Kelebihan strategi yang dijalankan terletak pada strategi komunikasi, pelayanannya yang maksimal dan sarana dan prasarana yang memadai. Kekurangannya terletak pada strategi persuasif yang ada, pendekatan secara persuasif kepada masyarakat kurang begitu diminati meskipun mobil perpustakaan terus digunakan sebagai sarana promosi.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:33
Last Modified: 18 Oct 2021 04:33
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16809

Actions (login required)

View Item View Item