POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI ANAK-ANAK DIBAWAH UMUR 7 TAHUN (Studi Pada TK IT Dhaifullah Palembang)

Anbar Sari, Faizah (2020) POLA KOMUNIKASI GURU DALAM MEMBANGUN KARAKTER ISLAMI ANAK-ANAK DIBAWAH UMUR 7 TAHUN (Studi Pada TK IT Dhaifullah Palembang). Undergraduate Thesis thesis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL FAIZAH ANBAR SARI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

TK atau Taman Kanak-kanak merupakan jenjang pendidikan yang dapat mengembangkan kepribadian anak pada usia dini. TK sendiri biasanya terdiri dari anak-anak yang berumur dibawah 7 tahun. Pendidikan pada anak usia dini sangat penting dalam pembentukan karakter anak-anak yang kepribadiannya masih polos belum mengetahui mana yang benar dan mana yang salah. Terkhususnya dalam pembentukan karakter islami, yang diharuskan anak-anak wajib mengetahui siapa Tuhan sebagai Maha Pencipta dan Rasul-Nya sebagai suri tauladan. Sebab TK bisa dijadikan wadah untuk anak-anak dapat menambah wawasan serta membangun karakter tersebut lewat guru yang akan membimbingnya selain orang tua dirumah. Penelitian ini dibuat dengan judul “Pola Komunikasi Guru Dalam Membangun Karakter Islami Anak-Anak Dibawah Umur 7 Tahun (Studi Pada TK IT Dhaifullah Palembang)”. Memiliki rumusan masalah bagaimana pola komunikasi guru dalam membangun karakter islami anak-anak dibawah umur 7 tahun (studi pada TK IT Dhaifullah Palembang)?. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pola komunikasi guru dalam membangun karakter islami anak-anak dibawah umur 7 tahun (studi pada TK IT Dhaifullah Palembang). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan didapatkan melalui Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan teknik analisis deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori interaksionisme simbolik. Berdasarkan analisis data yang digunakan peneliti menyimpulkan bahwa ada empat pola komunikasi yang diterapkan oleh guru ketika berkomunikasi dengan anak-anak di bawah umur 7 tahun yaitu pola komunikasi primer, pola komunikasi sekunder, pola komunikasi linier dan pola komunikasi sirkular.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 380 Perdagangan, komunikasi dan transportasi
Depositing User: Unnamed user with email perpustakaanfisip@radenfatah.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:34
Last Modified: 18 Oct 2021 04:34
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16828

Actions (login required)

View Item View Item