AKULTURASI BUDAYA PADA UPACARA TRADISI RASUL TAUN DI KAMPUNG CISINTOK DESA WANASARI KECAMATAN NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT

LEONITA, DARYANTI (2017) AKULTURASI BUDAYA PADA UPACARA TRADISI RASUL TAUN DI KAMPUNG CISINTOK DESA WANASARI KECAMATAN NARINGGUL KABUPATEN CIANJUR PROVINSI JAWA BARAT. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (746kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (140kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan tradisi rasul taun, budaya yang terkandung didalamnya, dan mengetahui proses pewarisan nilai-nilai dan budaya dalam tradisi rasul taun di kalangan remaja di Desa Wanasari, Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur, Bandung. Harapan idealnya adalah budaya rasul taun itu tetap lestari dan menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Kampung Cisintok Desa Wanasari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan. Penggumpulan data dilakukan dengan menggadakan observasi secara menyeluruh, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan informasi menggenai masalah yang diteliti. Desa yang dijadikan sebagai tempat penelitian yaitu di Kampung Cisintok, Desa Wanasari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur, Bandung. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat (Kepala Desa Wanasari, Ketua Adat, dua orang panitia, dua orang sesepuh, dan enam remaja). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tradisi rasul taun adalah ungkapan rasa syukur masyarakat Sunda yang dilakukan setiap tahun seraya berharap hasil pertanian mereka di tahun yang akan datang meningkat. Proses pelaksanaan rasul taun ada tiga tahapan yaitu damar sewu, pesta dadung, dan tari buyung. Adapun perbedaan dari pelaksanaan upacara rasul taun ini di Desa Wanasari menggunakan musik angklung dan juga musik modern dalam perayaan tradisi rasul taun menggandung nilai-nilai positif untuk manusia dan kebudayaannya. Nilai-nilai sosial dan budaya yang terkandung dalam tradisi rasul taun di Desa Wanasari antara lain adanya nilai kebersamaan, nilai kesatuan, nilai kegotong royongan, nilai religiusitas tercermin dalam do’a bersama yang dilakukan masyarakat Cisintok Desa Wanasari, adanya nilai pelestarian budaya, saling menghargai dan saling menghormati satu sama lain. Proses pewarisan nilai-nilai sosial dan budaya tradisi rasul taun dikalangan remaja Kampung Cisintok Desa Wanasari dapat dilakukan melalui keluarga, masyarakat, dan media masa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? SB ??
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 80230 - Sejarah Peradaban Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:35
Last Modified: 18 Oct 2021 04:35
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item