PENERAPAN TEKNIK ELABORASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG

-, OKTAPIANI (2020) PENERAPAN TEKNIK ELABORASI DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-ISLAM DI SMP MUHAMMADIYAH 4 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_OKTAPIANI_14210316.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang bagaimana tingkat aktivitas belajar siswa pada penerapanteknik elaborasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Islam di smp Muhammadiyah 4 palembang. Jadi dalam mengatasi kejenuhan dan kebosanan siswa dalam proses pembelajaran hendaknya guru dapat memilih cara pembelajaran yang dapat merangsang siswa lebih berpikir dan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pokok permasalahan dalam ini ialah banyaknya siswa sering berbicara dengan teman sebangku dari pada mendengarkan penjelasan guru saat menyampaikan materi, rendahnya minat belajar siswa menyampaikan materi pelajaran sampai masih banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran dan metode yang kurang menarik sehingga siswa kuran memahami materi yang disampaikan guru sehingga siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran berlangsung. Tujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa, apa saja aktivitas yang mempengaruhi penerapan teknik elaborasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-islam, dan untuk meningkatkan adanya penerapan teknik elaborasi dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Islam di SMP MUHAMMADIYAH 4 Palembang.. Jenis penelitian yang digunakan ini ialah pendekatan kuantitatif,dengan pendekatan deskriftif kuantitaif. Sampelnya berjumlah berjumlah 31 orang, pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan pre-experimental design, desain ini memiliki karakteristik diantara kelas sebagai sampel penelitian tidak diambil secara random, kelompok yang digunakan hanya satu kelas sehingga desain penelitian ini tidak memiliki kelas kontrol. Sedangkan alat pengumpulan datanya adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan dengan menggunakan teknik elaborasi telah berpengaruh terhadap meningkatnya pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Islam dengan materi sejarah masa kejayaan dan keruntuhan daulah umayah di syiria di smp Muhammadiyah 4 palembang terlihat secara signifikan meningkat atau lebih baik dibandingkan dengan penerapan tanpa menggunakan teknik elaborasi. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan menggunakan uji t yaitu t0 sebesar besar 9,88 dan besarnya t yang tercantum pada nilai t (tt.ts 5% =2,06 dan t t.ts 1% = 2,80). Maka (hipotesis nihil) Ho ditolak sedangkan (hipotesis alternatif) Ha diterima. Sehingga disimpulkan bahwasanya terdapat perubahan hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menerapkan teknik elaborasi secara signifikan, dan cara ini telah menunjukkan efektivitasnya yang nyata sebagai cara pembelajaran yang baik di gunakan pada mata pelajaran Al-Islam khususnya materi sejarah masa kejayaan dan keruntuhan daulah umaya di syiria

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? LB ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:39
Last Modified: 18 Oct 2021 04:39
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16863

Actions (login required)

View Item View Item