Nisa, Khoirun (2021) EVALUASI PENJAMINAN MUTU LULUSAN DI SMP NEGERI 6 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB 1.pdf Download (274kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (94kB) | Preview |
Abstract
Evaluasi penjaminan mutu lulusan menjadi suatu arahan dan solusi dalam mencapai mutu pendidikan, kegiatan evaluasi penjamin mutu lulusan sendiri perlu dilaksanakan karena evaluasi salah satu fungsi manajemen yakni controlling. Lembaga pendidikan dikatakan bermutu jika input, procces, output dan outcomenya dapat memenuhi persyaratan yang di tuntut oleh pengguna jasa pendidikan. Program penjaminan mutu lulusan di SMP Negeri 6 Palembang sudah berjalan dengan baik. Tim Penjaminan Mutu bertanggungjawab dalam kegiatan penjaminan mutu di sekolah sehingga menghasilkan lulusan yang baik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan program penjaminan mutu lulusan di SMP Negeri 6 Palembang. Model evaluasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Procces, Product). Model evaluasi ini dikembangkan oleh Daniel L. Stufflebeam di Oshio State University. Jenis penelitian ini adalah penelitian deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Dari aspek context, yang menjadi latar belakang penjaminan mutu yaitu meningkatkan standar kualitas lulusan dan memberikan pendidikan yang bermutu pada masyarakat serta meningkatkan prestise sekolah, 2) Dari aspek input, rata-rata capaian input dengan rata-rata capaian 6,36 dengan kategari menuju SNP 4, 3) Dari aspek procces, rata-rata capaian procces dengan rata-rata capaian 5,60 dengan kategori menuju SNP 4, 4) Dari aspek product, rata-rata capaian komponen efisiensi dan efektifitas dilihat dari pemenuhan standar kompetensi lulusan dengan capaian 5,90 dengan kategori menuju SNP 4. Keseluruhan aspek dalam pemenuhan standarstandar-standar berkategori baik. Sedangkan faktor pendukung dari evaluasi penjaminan mutu yaitu dukungan dari pemimpinan, dukungan stakeholders dan tim kerja yang solid dan berkompeten. Faktor Penghambat evaluasi penjaminan mutu yaitu kurangnya pemahaman terhadap SPMI, sarana dan prasarana yang tidak memadai dan penindaklanjutan dari evaluasi yang kurang maksimal. Kata kunci: Evaluasi, Penjaminan Mutu, Mutu Lulusan, CIPP (Context, Input, Procces, Product).
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi Penjaminan Mutu Mutu Lulusan CIPP (Context Input Procces Product). |
Subjects: | ?? L1 ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | fakultas tarbiyah dan keguruan |
Date Deposited: | 18 Oct 2021 04:39 |
Last Modified: | 18 Oct 2021 04:39 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16864 |
Actions (login required)
View Item |