PERANAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I PALEMBANG DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PENDERITA HIV/AIDS (DITINJAU DARI HUKUM ISLAM)

PRATIWI, RANTI (2019) PERANAN LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS I PALEMBANG DALAM PEMBINAAN NARAPIDANA PENDERITA HIV/AIDS (DITINJAU DARI HUKUM ISLAM). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (395kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (333kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Peranan Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Palembang dalam pembinaan narapidana penderita HIV/AIDS (Ditunjau dari hukum Islam) Peran lembaga pemasyarakatan sangat penting sekali dalam membina narapidana yang sudah tertular HIV/AIDS sebelum menjadi warga binaan lembaga pemasyarakatan, serta mencegah tertularnya virus HIV/AIDS kepada narapidana lain. mengingat pula dalam huruf d pada Pasal 14 ayat (1) Undang�Undang Nomor 12 tahun 1995 disebutkan bahwa hak narapidana termasuk mendapatkan pelayanan kesehatan dan makanan yang layak. Adapun permasalahan yang akan dibahas yaitu: (1) Bagaimana peranan lembaga pemasyarakatan kelas I A dalam pembinaan narapidana penderita HIV/AIDS ? (2) bagaimana peranan lembaga pemasyarakatan kelas I A dalam pembinaan narapidana penderita HIV/AIDS ditinjau dari hukum Islam ? tujuan penelitian ini adalah Tujuan yang di lakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : a.Untuk mengetahui bagaimana tugas dan tindakan lembaga pemasyarakatan dalam pembinaan narapidana. b.Untuk mengetahui pandangan hukum Islam terhadap penanganan narapidana HIV/AIDS. Serta manfaatnya yaitu: Penelitian ini berguna untuk menambah pengetahuan dalam perkembangan ilmu hukum yang ada di Indonesia secara umum serta dapat memberikan masukan bagi masyarakat, aparat penegak hukum, dan praktisi hukum dalam praktik, khususnya bagi yang berkecimpung di Lembaga Pemasyarakatan, agar dapat memanfaatkan hasil yang penulis hasilkan. Hasil penelitian ini yaitu, peranan lembaga pemasyarakatan dalam pembinaan narapidana HIV/AIDS sangatlah penting, terutama dalam kesehatan serta pembinaan secara mental yang dilakukan oleh pihak lembaga pemasyarakatan dimulai dari melakukan screening pada narapida yang baru akan serta memberikan fasilitas berupa pendampingan konselor terlatih. Menurut pandangan hukum Islam peranan lembaga pemasyarakatan dalam pembinaan narapida penderita HIV/AIDS sudah sesuai dengan aturan yang ada karna mereka telah memberikan kemaslahatan dan membantu para narapidana dalam menyelamatkan jiwanya dengan memberikan pengobatan khusus untuk penderita HIV/AIDS dan melakukan pendekatan seperti memberikan bimbingan konseling.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
?? Hukum ??
Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:52
Last Modified: 18 Oct 2021 04:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16875

Actions (login required)

View Item View Item