PEREMPUAN DAN KONFLIK AGRARIA (STUDI KASUS GERAKAN PEREMPUAN SOLIDARITAS PEREMPUAN (SP) DALAM KONFLIK AGRARIA DI OGAN ILIR)

-, suryani (2020) PEREMPUAN DAN KONFLIK AGRARIA (STUDI KASUS GERAKAN PEREMPUAN SOLIDARITAS PEREMPUAN (SP) DALAM KONFLIK AGRARIA DI OGAN ILIR). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img] Text
bab 1 skripsi suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB II skripsi suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
BAB III skripsi suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV skripsi suryani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)

Abstract

Solidaritas Perempuan (SP) sebagai organisasi yang salah satu fokusnya adalah pada isu kedaulatan perempuan atas tanah. Organisasi SP Palembang telah melakukan penguatan kepada perempuan-perempuan yang ada diwilayah Ogan Ilir dan ikut serta juga dalam melakukan advokasi untuk memperjuangkan hak atas lahan mereka. Solidaritas Perempuan Palembang secara aktif memberikan pengetahuan kepada kaum perempuan atas apa saja yang berkaitan dengan hak-hak perempuan dan apa saja yang dapat dilakukan oleh perempuan untuk mendapatkan haknya. Dalam meperjuangkan hak-hak atas tanah mereka SP melakukan pendampingan terhadap kaum perempuan yang ada di wilayah Ogan Ilir Palembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gerakan yang dilakukan para perempuan Ogan Ilir yang didampingi oleh Organisasi Solidaritas Perempuan Palembang dalam memperjuangkan hak tanah mereka yang terlibat konflik. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu wawancara, dan dokumentasi organisasi Solidaritas Perempuan Palembang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa advokasi yang dilakukan oleh organisasi Solidaritas Perempuan Palembang kepada pada perempuan�perempuan yang ada di wilayah Ogan Ilir merupakan salah satu proses perlindungan dalam memberikan fasilitas untuk membantu perempuan�perempuan di wilayah Ogan Ilir agar terpenuhi hak-haknya. Hal ini dilihat dari proses pendampingan yang diberikan oleh organisasi Solidaritas Perempuan Palembang baik dalam melakukan aksi-aksi di jalan maupun dalam melakukan musyawarah dan rapat-rapat dari pemerintah daerah maupun provinsi bahkan sampai ke pusat. Key word: Perempuan, Konflik, Agraria, Gerakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? JF ??
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 74237 - Politik Islam
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:52
Last Modified: 25 May 2022 03:09
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item