KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2017 DALAM PROGRAM PKL

Wanda Sari, Fitria (2020) KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA ILMU PERPUSTAKAAN FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN RADEN FATAH PALEMBANG ANGKATAN 2017 DALAM PROGRAM PKL. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
FITRIA WANDA SARI-FULL BAB.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan informasi, yang menuntun seseorang untuk melakukan komunikasi interpersonal. Perpustakaan sebagai penyedia informasi membutuhkan pustakawan yang handal dan mampu melayani pemustaka dengan baik agar pelayanan yang diberikan mewujudkan layanan yang prima. Sebagai calon pustakawan di masa depan mahasiswa ilmu perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang hendaknya memiliki kemampuan komunikasi interpersonal yang baik agar bisa memberikan pelayanan yang prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Angkatan 2017 dalam program PKL sebagai calon pustakawan dan untuk mengetahui dimensi kemampuan komunikasi interpersonal yang mana yang harus ditingkatkan. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode penarikan sampel teknik sampling purposive yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kriteria tertentu. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa ilmu perpustakaan angkatan 2017 yang mendapat tugas di bagian layanan sirkulasi berjumlah 23 orang. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner/angket, wawancara, dan dokumentasi. Pengukuran kuesioner menggunakan skala likert. Analisis data yang digunakan adalah dengan rumus Mean dan Grand Mean. Setelah melakukan perhitungan dan analisis, maka diperoleh data sebagai berikut: nilai rata-rata 3,09 dengan kategori tinggi berada pada interval 2,50-3,25. Dengan demikian dapat diketahui bahwa kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa ilmu perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang Angkatan 2017 berada pada kategori tinggi. Terdapat satu dimensi kemampuan komunikasi interpersonal yang perlu ditingkatkan oleh mahasiswa ilmu perpustakaan angkatan 2017 yaitu dimensi/sub variabel sikap positif, walau berada di kategori tinggi, nilainya lebih rendah jika dibandingkan dengan sub variabel yang lainnya sehingga perlu ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Z665 ??
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > 71401 - Ilmu Perpustakaan
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:53
Last Modified: 18 Oct 2021 04:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item