KULIAH SAMBIL NYANTRI (STUDI KASUS MOTIVASI KEBERAGAMAAN MAHASISWA NYANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LATHIFIYYAH PALEMBANG)

BONITA, EVA (2020) KULIAH SAMBIL NYANTRI (STUDI KASUS MOTIVASI KEBERAGAMAAN MAHASISWA NYANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-LATHIFIYYAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
skripsi eva finish ya allah edit.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini di beri judul “KULIAH SAMBIL NYANTRI (STUDI KASUS MOTIVASI KEBERAGAMAAN MAHASISWA NYANTRI DI PONDOK PESANTREN AL�LATHIFIYYAH PALEMBANG)". Masalah tentang Kuliah Sambil Nyantri sengaja penulis pilih sebagai objek kajian dalam konteks penelitian ini mengingat tidak semua mahasiswa mau dan sanggup tinggal di pesantren. Kegiatan dan kewajiban di pondok tidak bisa dikatakan ringan, belum lagi mengenai tugas dan kewajiban yang berkaitan dengan studi mereka di kampus. Mengingat umur mahasiswa umumnya masih berada dalam umur remaja yang secara emosional masih labil dan keberagamaan yang masih maju mundur. Adapaun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana Motivasi Yang Mendorong Mahasiswa Memilih Kuliah Sambil Nyantri di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang? Apa Saja Kendala Yang Dihadapi Mahasiswa Memilih Kuliah Sambil Nyantri di Pondok Pesantren Al-Lathifiyyah Palembang? Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field Research) kemudian penulis menganalisis data tersebut dengan pendekatan kualitatif. Mengumpulkan data menjadi dua sumber data yaitu data primer adalah data yang diperoleh dari sumber pertama dilokasi penelitian atau objek penelitian. Data yang di peroleh di lapangan dari wawancara langsung dengan responden baik berpedoman maupun bebas terarah. Sedangkan sumber data sekunder adalah data yang di peroleh tidak langsung dari lapangan misalnya Buku, dokumen dan bacaan lainnya. Data skunder dapat di peroleh dari literatur yang mengemukakan persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah yang di bahas dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis meliputi reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi serta kesimpulan akhir. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi yang mendorong mahasiswamemilih kuliah sambil nyantri di pondok pesantren Al-Lathifiyyah Palembang terdiri atas motivasi X intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik yang meliputi keinginan memperoleh ilmu Umum dan ilmu Agama, ingin menghafal Al-Qur’an, Ingin memberikan mahkota terindah untuk Orang Tua. Adapun motivasi ekstrinsik antara lain karena faktor Orang Tua, Teman dan Program Studi. Adapun kendala Motivasi Mahasiswa Memilih Kuliah Sambil Nyantri ialah Sulit membagi waktu, banyaknya kegiatan kuliah maupun pondok pesantren.Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi, Bahan tambahan untuk para mahasiswa yang meneliti permasalahan yang sama di Fakultas Ushuluddin UIN Raden Fatah Palembang Sumatera Selatan. Kata Kunci: kuliah Sambil Nyantri, Motivasi, Keberagamaan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 04:58
Last Modified: 18 Oct 2021 04:58
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16921

Actions (login required)

View Item View Item