KERAMAT PUYANG DUKUN H. M YUSUF DALAM KEPERCAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN NGULAK I KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN

LASTARI, RENI (2020) KERAMAT PUYANG DUKUN H. M YUSUF DALAM KEPERCAYAAN MASYARAKAT KELURAHAN NGULAK I KECAMATAN SANGA DESA KABUPATEN MUSI BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
B5 skripsi RENI LASTARI 2.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Keramat Puyang Dukun H. M Yusuf dalam Kepercayaan Masyarakat Kelurahan Ngulak I Kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin.” Latar belakang masalah ini didasari atas kepercayaan masyarakat terhadap keramat Puyang Dukun H. M Yusuf. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana riwayat hidup Puyang Dukun H. M Yusuf dan Sejarah Keramat Puyang Dukun H. M Yusuf (2) Bagaimana kondisi makam Puyang Dukun H. M Yusuf dan Proses pelaksanaan ziarah makam Puyang Dukun H. M Yusuf (3) Bagaimana kepercayaan masyarakat terhadap keramat Puyang Dukun H. M Yusuf. Adapun tujuan dan kegunaan penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui riwayat hidup Puyang Dukun H. M Yusuf dan Sejarah Keramat Puyang Dukun H. M Yusuf. Kedua, untuk mengetahui kondisi makam Puyang Dukun H. M Yusuf dan Proses pelaksanaan ziarah makam Puyang Dukun H. M Yusuf. Ketiga, untuk mengetahui kepercayaan masyarakat Kelurahan Ngulak I terhadap Puyang Dukun H. M Yusuf. Penelitian yang dilakukan menggunakan jenis penelitian field research, yaitu penelitian lapangan yang mengkaji persoalan-persoalan yang berhubungan dengan masalah penelitian, yakni keramat Puyang Dukun H. M Yusuf dalam kepercayaan masyarakat Kelurahan Ngulak I kecamatan Sanga Desa Kabupaten Musi Banyuasin. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari dua yakni pertama sumber data primer dan kedua sumber data sekunder. Sumber data primer yaitu juru kunci, kepala Lurah, dan masyarakat Kelurahan Ngulak I, sedangkan sumber data sekunder yaitu buku, jurnal dan artikel-artikel. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sejarah Puyang Dukun H. M Yusuf bermula pada umur 11 tahun mampu x 12 mengobati orang sakit dan di kenal sebagai Puyang jin seribu karena mampu memberikan solusi untuk hal-hal sifatnya baik. Pelaksanaan ziarah makam Puyang Dukun H. M Yusuf berdasarkan ajaran Islam dan tradisi masyarakat dengan dengan membawa beras kuning, bunga dan botol yang berisikan air putih. Disamping itu ada juga yang bersedekah di area makam Puyang Dukun H. M Yusuf dengan membawa pempek kapal selam, ikan bakar dan ayam bakar. Kepercayaan masyarakat Kelurahan Ngulak I terhadap keramat Puyang Dukun H. M Yusuf yaitu menyakini sakralnya nama Puyang Dukun H. M Yusuf dan saktinya bongkahan batu-batu kali yang ada di atas makam Puyang Dukun H. M Yusuf.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? S1 ??
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:41
Last Modified: 18 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16925

Actions (login required)

View Item View Item