TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MORAL REMAJA ZAMAN SEKARANG DALAM KELUARGA MUSLIM DI DESA GAUNG ASAM KECAMATAN BELIDA DARAT KABUPATEN MUARA ENIM

NARTI, PUTRI (2020) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP MORAL REMAJA ZAMAN SEKARANG DALAM KELUARGA MUSLIM DI DESA GAUNG ASAM KECAMATAN BELIDA DARAT KABUPATEN MUARA ENIM. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB ll.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB lll.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul: “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Moral Remaja Zaman Sekarang Dalam Keluarga Muslim Di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim”. Latar belakang penelitian ini membahas tentang perkembangan keperibadian Remaja dalam mencari pola hidup yang paling sesuai baginya tetapi dalam hal moral remaja zaman sekarang jauh menyimpang yang mana peristiwa yang telah terjadi anak remaja di Desa Gaung Asam melakukan kekerasan ke pada orang tuanya dalam hubungan keluarga, keluarga adalah unit terkecil dari sekelompok masyarakat yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak. Adapun permasalaan dalam skripsi ini ada dua: 1) Bagaimana moral Remaja zaman sekarang dalam keluarga muslim di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap moral remaja muslim zaman sekarang di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. Jenis Penelitian ini adalah penelitian lapangan, (field researcd) sedangkan Jenis data penelitian ini adalah Kualitatif yaitu penelitian lapangan dengan hasilnya. Sedangkan sumber data terbagi menjadi tiga yaitu primer, sekunder dan tersier. Penelitian menggunakan tiga alat pengumpulan data yaitu meliputi. 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi. Selanjutnya seluruh data akan disimpulkan dan dianalisis secara Deskriftif Kualitatif. Yaitu penjabaran data dimana penganalisisan sampai menemukan jawaban dari dua pertanyaan dari studi ini. Hasil dari penelitian ini adalah moral remaja muslim zaman sekarang dalam keluarga muslim di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. Terdapat beberapa Moral baik dan Moral buruk yaitu: Moral Baik 1) kerja bakti 2) Bimbingan belajar Mengaji dan memahami Agama Islam 3) Shalat Berjamaah. Moral buruk 1) Memakai narkoba 2) Minum-minuman keras 3) Berjudi 4) Mencuri 5) Membentak orang tua. Tinjauan Hukum Islam terhadap moral remaja zaman sekarang dalam keluarga muslim di Desa Gaung Asam Kecamatan Belida Darat Kabupaten Muara Enim. Kerusakan xx moral remaja zaman sekarang dalam keluarga muslim dipengaruhi besar oleh lingkungan di sini perlunya peranan keluarga sangat besar peranannya dalam membentuk keperibadian anak, karena dilingkungan keluargalah anak pertama kali menerima pendidikan yang dapat mempengaruhi perkembangan anak selanjutnya. Agar anak memiliki keperibadian yang baik dan terhindar dari pelanggaran-pelanggaran moral, maka perlu adanya pembinaan nilai-nilai agama sejak masih dini kepada anak dalam keluarga. Kata kunci : Hukum Islam, Moral, Remaja, Keluarga Muslim.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
?? Hukum-Pidana-Islam ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74230 - Hukum Keluarga Islam (Ahwal Syakhshiyyah)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:41
Last Modified: 18 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16926

Actions (login required)

View Item View Item