PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP AYAT-AYAT KESETARAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KECAMATAN MARTAPURA, KABUPATEN OKU TIMUR

PUTRI, RAHAYU TRIANDARI (2018) PEMAHAMAN MASYARAKAT TERHADAP AYAT-AYAT KESETARAAN SOSIAL BAGI PENYANDANG DISABILITAS DI KECAMATAN MARTAPURA, KABUPATEN OKU TIMUR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RAHAYU.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Di dalam al-Qur‟an terdapat banyak ajaran-ajaran atau pedoman bagi hidup manusia. Salah satunya kandungan al-Qur‟an yang memandang derajat hidup manusia sama disisi Allah kecuali derajat ketakwaannya. maka dirumuskan masalah bagaimana pendapat mufasir tentang Q.S. Abasa 1-2 dan Q.S. An-Nur 61 serta bagaimana pemahaman masyarakat tehadap penyadang disabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan metode kualitatif dengan melakukan penelitian analisis lapangan atau wawancara. Pendekatan yang digunakan menggunakan pendekatan tematik, serta tidak melupakan rujukan utamanya yakni al-Qur‟an dan Hadits. Al-Qur‟an sebagai pedoman hidup manusia harus bisa dipelajari dan diamalkan dikehidupan kita sehari-hari agar tercipta kedamaian didalam hidup bermasyarakat, sebagaimana yang telah penulis paparkan, bahwa masih banyak masyarakat yang belum bisa mengaplikasikan al-Qur‟an kedalam kehidupan sehari-hari, masih banyak masyarakat yang menganggap penyandang disabilitas sebagai suatu kelainan yang harus dijauhi, dihina dan di diskriminasi, padahal sangat jelas bahwa al-Qur‟an sangat mengistimewakan penyandamg disabilitas. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat akan sadar pentingnya toleransi dan harus lebih memperdulikan penyandang disabilitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? S1 ??
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam > 76234 - Studi Agama-agama
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:44
Last Modified: 18 Oct 2021 06:44
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16949

Actions (login required)

View Item View Item