TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PENEGAKAN HUKUM BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PERJUDIAN ONLINE (Studi di Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Sumsel)

HIDAYAT, ARIYANDI (2020) TINJAUAN HUKUM PIDANA ISLAM TERHADAP PENEGAKAN HUKUM BAGI PELAKU TINDAK PIDANA PERJUDIAN ONLINE (Studi di Unit Cyber Crime Dit Reskrimsus Polda Sumsel). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
03. BAB I Skripsi Ariyandi Hidayat.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04. BAB II Skripsi Ariyandi Hidayat.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05. BAB III Skripsi Ariyandi Hidayat.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
06. BAB IV Skripsi Ariyandi Hidayat.pdf

Download (457kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. BAB V Skripsi Ariyandi Hidayat.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan penegakan hukum terhadap penegakan hukum bagi pelaku tindak pidana perjudian online yaitu Pertama, Tindakan preventif ini dilakukan oleh Unit cyber crime polda sumsel dengan melakukan pengarahan, terhadap masyarakat untuk memberantas tinak pidana perjudian online. Kedua, Tindakan represif yakni dengan melakukan penyelidikan dan penyidikan terhadap pelaku tindak pidana perjuadian online. Faktor-faktor yang menjadi penghambat terhadap bagi pelaku tindak pidana perjudian online di Polda Sumsel, yakni Pertama, Faktor Hukum; peraturan perundang-undangan yang secara khusus belum ada. Kedua, Faktor penegakan Hukum; Kurangnya jumlah personil Khusus Tindak pidana cyber crime di Polda sumsel. Ketiga, Faktor sarana atau fasilitas; faktor sarana dan prasarana sangat mempengaruhi kinerja polisi. Penegakan Hukum menggunakan Pasal 303 dan Pasal 303 bis KUHP dan serta perjudian online diatur dalam Pasal 27 ayat (2) UU ITE yang berbunyi “Setiap orang dengan sengaja dan tanpa hak menerapkan, mentransmisikan, dan atau membuat dapat diaksesnya Informasi atau Dokumen Elektronik yang memiliki pringkat perjudian. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimanakah upaya penegakan yang dilakukan oleh unti cyber crime Dit-Reskrimsus Polda Sumsel terhadap pelaku tindak pidana perjudian online. (2) Bagaimana Pandangan Hukum Pidana Islam terhadap Pelaku tindak pidana perjudian online. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan bentuk penelitian Yuridis Empiris, jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan. Dan data sekunder yang diperoleh dari studi kepustakaan, yang kemudian diolah dan dianalisis secara kualitatif guna mendapatkan suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa perjudian online tindak pidana cyber crime dan memberantas suatu kejahatan dengan memberikan tindakan tegas agar pelaku kejahatan mendapatkan efek jera. Telah sesuai berdasarkan Pasal 27 Ayat (2) UU ITE , begitu juga mengenai Pandangan Hukum Pidana Islam mengenai pelaku tindak pidana perjudian online telah tertera dan sejalan dalam Al�Qur’an QS. Al-Maidah’:90 dan QS. Al-Baqarah’:219

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum-Pidana-Islam ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:48
Last Modified: 18 Oct 2021 06:48
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16963

Actions (login required)

View Item View Item