TINJUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PELAKSANAAN PENJAMINAN ATAS KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT. ASKRINDO SYARIAH PALEMBANG

ANJANI, RIZKI (2020) TINJUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PELAKSANAAN PENJAMINAN ATAS KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) PADA PT. ASKRINDO SYARIAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (273kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap Penjaminan atas Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Askrindo Syariah Palembang. Latar belakang permasalahan ini adalah Penjaminan yang dilakukan oleh PT. Askrindo Syariah menggunakan prinsip Kafalah (Jaminan orang dalam Hukum Islam) akan tetapi dalam Pelaksanaan Penjaminan disini berbeda dengan Prinsip Kafalah pada umumnya seperti Penjaminan yang dilakukan secara online. Serta adapun rumusan masalah yang timbul dalam penelitian ini seperti 1.) Bagaimana pelaksanaan Penjaminan atas Kredit usaha rakyat (KUR) pada PT. Askrindo Syariah Palembang 2.) Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah terhadap pelaksanaan penjaminan atas Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Askrido Syariah Palembang. Metodelogi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat langsung berupa penelitian lapangan (field reseacrh), yang pada prinsipnya ingin memberikan, menerangkan serta menggambarkan suatu peristiwa secara jelas serta kritis. Sumber data yang digunakan terdiri dari tiga yaitu data primer, data skunder dan data Tersier. Kesimpulan dari hasil penelitian yang diperoleh bahwa dalam pelaksanaan Penjaminan Kredit Usaha Rakyat (KUR) pada PT. Askrindo Syariah Palembang sebagai berikut : 1.) Pelaksanaan Penjaminan dilaksanakan secara online melalui sebuah link atau aplikasi yang bernama Apple KUR iB. Persetujuan Penjaminan itu terlaksana dengan di keluarkannya Sertifikat yang di keluarkan oleh PT. Askrindo Syariah Palembang sebagai bukti bahwa Penjaminan tersebut telah tersepakati. Sedangkan Apabila debitur melakukan wanprestasi maka Pihak Askrindo Syariah akan mengklaim sebesar 70% dari hasil perjanjian kredit yang dilaksanakan pihak bank BRI Syariah dan Debitur. 2.) Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah sistem Kafalah yang tidak digunakan seutuhnya karena akad yang dilaksanakan secara online.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? Hukum ??
?? KZ ??
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 09:36
Last Modified: 18 Oct 2021 09:36
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16980

Actions (login required)

View Item View Item