PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP

FARISON, ARIS OKI (2020) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN KELAS VII SMP. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan video animasi pembelajaran matematika materi himpunan kelas VII SMP yang valid, praktis, dan melihat efek potensial terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan atau development research yang terdiri dari tahap Preliminary (tahap persiapan dan pendesaianan) dan tahap Prototyping menggunakan alur formative evalution (Self Evalution, one to one, small group, dan field test). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi, angket, tes, dan dokumentasi. Subjek yang digunakan adalah siswa kelas VII SMP Nurul Ilmi Talang Kelapa tahun ajaran 2020/2021, dimana diambil tiga orang secara acak pada tahap One to One, empat orang siswa tahap Small Group, dan satu kelas pada tahap field test. Hasil dari penelitian ini: (1) Penelitian ini telah menghasilkan video animsi pembelajaran matematika materi himpunan kelas VII SMP yang valid. Kevalidan media ditunjukan dari hasil penilaian validator pada tahap expert review yang menyatakan bahwa media pembelajaran telah baik dari segi konten, konstruk, dan Bahasa. (2) Produk pengembangan video animasi pembelajaran matemtatika materi himpunan kelas VII SMP masuk kedalam kategori sangat praktis. Kepraktisan tersebut dapat dilihat pada tahap field test siswa mampu memahami dengan baik, mudah memahami materi, tertarik untuk belajar, dan nilai rata-rata angket kepraktisan yang diisi siswa mencapai 89,99%. (3) Penggunaan pengembangan video animasi pembelajaran matematika materi himpunan kelas VII SMP memiliki efek potensial terhadap hasil belajar siswa. Hal tersebut karena setelah belajar menggunakan media siswa dapat mengerjakan soal posh test dengan baik. Selain itu nilai rata-rata nilai posh test siswa pada tahap field test cukup tinggi yaitu 80. Nilai tersebut memperlihatkan bahwa media yang dihasilkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar Kata kunci : Penelitian Pengembangan, Video Animasi, Himpunan

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Penelitian Pengembangan Video Animasi Himpunan
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:54
Last Modified: 18 Oct 2021 06:54
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/16981

Actions (login required)

View Item View Item