PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ETHIKA PALEMBANG)

JUPRI, JUPRI (2014) PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ETHIKA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI JUPRI.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran seharusnya mampu menciptakan suasana kelas atau pelaksanaan manajemen kelas yang kondusif untuk mendukung terciptanya kualitas proses pembelajaran. Adapun rumusan masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan manjemen kelas di Sekolah Menengah Kejuruan Ethika Palembang dan apa saja faktor yang mempengaruhi Pelaksanaan Manajemen Kelas di Sekolah Menengah Kejuruan Ethika Palembang. Namun sayangnya proses pembelajaran yang terjadi selama ini masih cenderung satu arah, kurang memperhatikan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu peneliti memusatkanpenelitian pada pelaksanaan manajemen kelas yang kondusif di Sekolah Menengah Kejuruan Ethika Palembang. Jenis data dalam penelitian ini adalah kualitataif artinya data yang berupa penjelasan tentang hal-hal yang berkaitan dengan Pelaksanaan manajemen kelas disekolah menengah Kejuruan Ethika Palembang dan faktor yang mempengaruhinya.Subjek dari penelitian ini berjumlah 5 orang yaitu dari waka kurikulum, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisa data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data kemudian ditarik kesimpulan Hasil penelitian menunjukkan bahwapelaksanaan manjemen kelas di SMK Ethika sudah cukup baik itu dapat dilihat dari pelaksanaan pembelajaran dikelas sudah cukup kondusif itu dapat dilihat dari keaktifan siswa dalam belajar dan dalam melakukan diskusi saat pembelajaran berlangsung, tidak hanya itu guru juga sering memotivasi, menasehati, membimbing dan memberi contoh bagi para siswa selain itu guru sudah cukup baik dalam memberikan motivasi untuk peserta didik agar giat dalam belajar dengan memberikan nilai tambahan bagi siswa yang pandai didalam kelas. Adapun yang menjadi faktor pendukung adalah guru yang selalu memotivasi siswa, guru yang memberikan metode semenarik mungkin untuk siswa, lingkungan yang baik, siswa/siswi yang cerdas dan suasana kekeluargaan yang baik. Kemudian faktor penghambat ialah jumlah siswa di kelas yang belum ideal yaitu perkelas berjumlah 40 siswa seharusnya idealnya adalah 20 siswa dan sarana dan prasarana yang kurang memadai

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 06:56
Last Modified: 18 Oct 2021 06:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17003

Actions (login required)

View Item View Item