PENGARUH PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 7 PALEMBANG

Rachmayantie, Sheilla Gustami (2021) PENGARUH PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA NEGERI 7 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pendekatan multirepresentasi mempengaruhi pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran fisika pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 7 Palembang. Analisis ini menggunakan variabel independen yaitu multirepresentasi, variabel dependennya yaitu pemahaman konsep dan kreativitas. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 2 dan kelas XI IPA 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group design yang merupakan bagian dari true-eksperimental design. Data yang didapatkan pada saat penelitian dianalisis menggunakan program IBM SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan multirepresentasi secara signifikan mempengaruhi pemahaman konsep peserta didik. Rata-rata nilai pretest yang didapat kelas eksperimen sebesar 43,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 42,09. Rata-rata nilai posttest yang didapat kelas eksperimen sebesar 82,60 sedangkan kelas kontrol sebesar 78,97. Hasil sig. (2 tailed) pemahaman konsep didapatkan dari perhitungan uji hipotesis Independen Sample Test sebesar 0,045 dimana nilai sig. (2 tailed) < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sedangkan pendekatan multirepresentasi tidak secara signifikan memperngaruhi kreativitas peserta didik. Hasil sig. (2 tailed) kreativitas di dapatkan dari perhitungan uji hipotesis Independen Sample Test sebesar 0,006 dimana nilai sig. (2 tailed) < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dalam penelitian ini dapat dinyatakan bahwa pendekatan multirepresentasi mempengaruhi pemahaman konsep dan kreativitas peserta didik kelas XI IPA pada ranah kognitif dan ranah psikomotorik pada elastisitas dan Hukum Hooke di SMA Negeri 7 Palembang. Kata Kunci: Pendekatan Multirepresentasi, Pemahaman Konsep, Kreativitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Multirepresentasi Pemahaman Konsep Kreativitas.
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:01
Last Modified: 18 Oct 2021 07:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17093

Actions (login required)

View Item View Item