PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS

Jannah, Miftahul (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA SMA PADA KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img] Text
BAB I.docx

Download (25kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Konseptual Interaktif Terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa SMA Pada Konsep Momentum dan Impuls. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 22 Palembang Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian preexperiment. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-Posttest, teknik pengambilan sampel penelitian yang dipilih adalah menggunakan metode Cluster Random Sampling. Subjek penelitian hanya menggunakan satu kelas yaitu kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen tanpa kelompok pembanding dengan jumlah 20 orang siswa. Berdasarkan analisis data yang dilakukan melalui SPSS 16 hasil output uji independent sampels t test nilai signifikasi (2-tailed) 0.000 < 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Serta berdasarkan rata-rata data lembar observasi KKI siswa dinyatakan bahwa pertemuan I dengan nilai rata-rata 53.3, pertemuan II dengan nilai rata-rata 66.1, pertemuan III dengan nilai rata-rata 89.3 dan pertemuan IV dengan nilai rata-rata 97.8. Nilai rata-rata tersebut merupakan hasil dari nilai rata-rata keterampilan komunikasi ilmiah seluruh responden setiap pertemuan. Jika dilihat perkembangan keterampilan komunikasi ilmiah siswa dengan menggunakan model pembelajaran konseptual interaktif dari nilai tersebut terjadi peningkatan disetiap pertemuan. Hasil penelitian menyatakan bahwa terdapat pengaruh menggunakan model pembelajaran interaktif terhadap hasil belajar dan keterampilan komunikasi siswa SMA pada konsep momentum dan impuls. Kata Kunci: Model Pembelajaran Konseptual Interaktif dan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Konseptual Interaktif dan Keterampilan Komunikasi Ilmiah Siswa
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84203 - Pendidikan Fisika
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:05
Last Modified: 18 Oct 2021 07:05
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17095

Actions (login required)

View Item View Item