Penanaman Nilai-nilai Syukur Dalam Tradisi Sedekah Maleng di desa Lawang Agung kecamatan Rupit kabupaten Musi Rawas Utara

Cherly Septa Aryani, Penulis and Dr. Moh. Syawaluddin, M.Ag, Pembimbing 1 and Sholeh Khudin, S.Ag., M.Hum, Pembimbing 2 (2021) Penanaman Nilai-nilai Syukur Dalam Tradisi Sedekah Maleng di desa Lawang Agung kecamatan Rupit kabupaten Musi Rawas Utara. Other thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
CHERLY SKRIPSI FIX NIAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Penanaman Nilai-nilai Syukur dalam Tradisi Sedekah Maleng di Desa Lawang Agung Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara. Pokok dari penelitian ini berupa bagaimana dengan latar belakang sejarah tradisi Sedekah Maleng danbagaimana cara penanaman nilai-nilai syukur dalam tradisi Sedekah Maleng di Desa Lawang Agung. Jenis penelitian skripsi ini ialah jenis penelitian lapangan, yang menggunakan pendekatan antropologi. Sumber data yang digunakan penulis berupa sumber data primer yang didapatkan langsung melalui wawancara dengan tokoh agama, tokoh masyarakat dan lain sebagainya. Sedangkan sumber data sekunder didapatkan dari beberapa sumber tertulis berupa buku-buku ataupun jurnal yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan tradisi Sedekah Maleng. Teknik analisis data yang digunakan ialah deskriptif kualitatif yang menguraikan dan menganalisa kajian terhadap seluruh permasalahan yang penulis teliti sehingga dapat disimpulkan secara deduktif. Inti dari penelitian ini yaitu tradisi Sedekah Maleng yang merupakan peninggalan nenek moyang. Asal mula tradisi Sedekah Maleng bermula dari seorang pemuda yang terkena musibah berupa penyakit tak kunjung sembuh, sehingga ada seorang tokoh agama yang menyarankan untuk bersedekah secara sembunyi-sembunyi tanpa diketahui oleh orang lain. Pelaksanaannya dilakukan di masjid pada malam jumat. berupa nasi gemuk dan telur yang berkelipatan ganjil. Tujuan dari Sedekah Maleng yaitu untuk melindungi diri dan menjauhkan dari segala marabahaya. Adapun manfaat dengan melaksanakan tradisi tersebut hati akan merasa lebih damai dan sebagai ungkapan rasa syukur masyarakat Desa Lawang Agung. Kata Kunci: Sedekah, Penanaman Nilai-nilai Syukur.

Item Type: Thesis (Other)
Depositing User: Fakultas Adab
Date Deposited: 14 Oct 2021 05:14
Last Modified: 14 Oct 2021 05:14
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17099

Actions (login required)

View Item View Item