PEMBUATAN MODUL PENGAYAAN PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN TANAMAN BINTARO (Cerbera odollam) DI KAWASAN KM 7 PALEMBANG

Sari, Putri Novia (2020) PEMBUATAN MODUL PENGAYAAN PESERTA DIDIK PADA MATERI STRUKTUR TUMBUHAN TANAMAN BINTARO (Cerbera odollam) DI KAWASAN KM 7 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I SKRIPSI Putri Novia Sari.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V SKRIPSI Putri Novia Sari.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan keterampilan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Dalam bidang pendidikan guru dituntut agar mampu menyusun bahan ajar yang kreatif dan inovatif sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Bahan ajar yang biasa digunakan dalam proses pembelajaran ialah bahan ajar cetak, seperti buku pelajaran, LKS, handout, dan modul. Salah satu bahan ajar yang dapat digunakan untuk menambah pengetahuan peserta didik ialah modul pengayaan. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development). Subjek penelitian terdiri dari ahli meteri, ahli media dan ahli bahasa. Pada penelitian ini pembuatan modul pengayaan peserta didik bertujuan untuk memperluas pengetahuan peserta didik mengenai materi yang spesifik, terutama mengenai struktur anatomi dan morfologi tanaman bintaro (Cerbera odollam) dan manfaat dari tanaman tersebut. Maka dari itu sebelum modul pengayaan dapat digunakan, modul tersebut terlebih dahulu harus di validasi dengan para ahlu yang terdiri dari guru dan dosen yang berkaitan dengan materi tersebut. Berdasarkan persentase uji kelayakan yang divalidasi dari para ahli didapatkan nilai rata-rata sebanyak 89, 28% yang di kategorikan sangat valid. Untuk persentasi respon guru dan peserta didik mengenai modul pengayaan secara keseluruhan didapatkan nilai rata-rata dengan rentang 80-95% yang termasuk dalam kategori sangat valid. Kata Kunci: Bahan ajar, modul pengayaan, tanaman Bintaro (Cerbera odollam)

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar modul pengayaan tanaman Bintaro Cerbera odollam
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:13
Last Modified: 18 Oct 2021 07:13
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17107

Actions (login required)

View Item View Item