PENGARUH KONSENTRASI Indole Acetid Acid (IAA) DAN Benzyl Amino Purine (BAP) TERHADAP INDUKSI TUNAS JINTAN PUTIH (Cuminum cyminum) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN KULTUR JARINGAN KELAS XII SMK

Amalia, Via (2020) PENGARUH KONSENTRASI Indole Acetid Acid (IAA) DAN Benzyl Amino Purine (BAP) TERHADAP INDUKSI TUNAS JINTAN PUTIH (Cuminum cyminum) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN KULTUR JARINGAN KELAS XII SMK. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Jintan putih (Cuminum cyminum) yang merupakan salah satu tanaman dari famili Apiaceae yang dapat berfungsi sebagai rempah maupun obat tradisional. Kandungan senyawa aktif dalam jintan dapat meningkatkan motolitas usus dan membantu pencernaan, dapat digunakan sebagai antibakteri, antijamur, antiinflamasi, dan antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan auksin Indole Acetic Acid (IAA) dan sitokinin Benzyl Amino Purine (BAP) terhadap induksi tunas jintan putih. Penelitian dilaksanakan di Laboratorium kultur jaringan SMKN 1 Gelumbang, Muara Enim. Penelitian ini menggunakan metode eskperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Eksplan yang digunakan terdiri dari eksplan nodus, internodus dan tangkai daun, sedangkan zat pengatur tumbuh yang digunakan yaitu 0.1 mg/l IAA dan 1.0 mg/l BAP, 0.1 mg/l IAA dan 1.5 mg/l, 0.1 mg/l IAA dan 2.0 mg/l BAP, 0.1 mg/l IAA dan 2.5 mg/l, 0.1 mg/l IAA dan 3.0 mg/l. Eksplan dikulturkan didalam medium MS yang ditambahkan dengan sukrosa 30% dan agar-agar 8% selama 28 hari dan dilakukan pengamatan pada k=hari ke 7, 14, 21, dan 28 setelah tanam. Data hasil pengamatan akan dianalaisis menggunakan uji ANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa IAA 0.1 mg/l yang dikombinasikan dengan 3.0 mg/l BAP pada eksplan Nodus memberikan pengaruh terbaik terhadap induksi tunas jintan putih dengan menghasilkan jumlah tunas rata-rata 2 tunas per eksplan dan kecepatan tumbuhn 14 hari setelah tanam. Sumbangsih yang diberikan dari penelitian ini berupa buku panduan praktikum kultur jaringan tumbuhan yang divalidasi oleh ahli materi dengan nilai validitas rata-rata 4.28 dengan kriteria valid, bahasa dengan nilai validitas 4.80 (valid) dan tampilan media dengan nilai validitas 4.26 (valid), sehingga media dapat digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran kultur jaringan kelas XII SMK. Kata kunci: Jintan putih (Cuminum cyminum), Zat Pengatur Tumbuh (ZPT), induksi tunas.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Jintan putih (Cuminum cyminum) Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) induksi tunas
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:23
Last Modified: 18 Oct 2021 07:23
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17147

Actions (login required)

View Item View Item