PENGARUH ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP BEBERAPA TIPE EKSPLAN SAMBILOTO (Andrographis paniculata Ness) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN KULTUR JARINGAN KALAS XII SMK

Gunawan, Syahrul (2020) PENGARUH ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP BEBERAPA TIPE EKSPLAN SAMBILOTO (Andrographis paniculata Ness) DAN SUMBANGSIHNYA PADA MATA PELAJARAN KULTUR JARINGAN KALAS XII SMK. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (116kB) | Preview

Abstract

Sambiloto (Andrographis paniculata Ness) Tumbuhan yang bersifat semusim termasuk suku Acanthaceae. Yang dapat digunakan sebagai tanaman herbal yang sangat berguna untuk pengobatan dan memiliki berbagai macam khasiat kesehatan. Kandungan senyawa dalam sambiloto seluruh bagian tanaman memiliki sifat kimiawi berasa pahit, dimana memiliki kandungan andrograpolide. Sehingga dapat membantu dalam pengobatan antidiabetes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh zat pengatur tumbuh berupa Napthalen Acetid Acid (NAA) dan Benzyl Amino Purine (BAP) terhadap beberapa tipe eksplan sambiloto. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Kultur Jaringan SMKN 1 Gelumbang Muara Enim Sumatera Selatan. Rancangan yang digunakan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dengan dua faktor penelitian. Faktor pertama adalah adalah tipe eksplan yang terdiri dari nodus, internodus, tangkai daun dan daun, faktor kedua zat pengatur tumbuh NAA pada konsentrasi 0,1 mg/l yang dikombinasikan dengan BAP dengan konsentrasi 0.5 mg/l, 1,0 mg/l, 1,5 mg/l, 2,0 mg/l, 2,5 mg/l dan 3,0 mg/l. eksplan dikulturkan didalam medium MS yang ditambahkan sukrosa 30% dan pemadat agar-agar 8%, selama 28 hari dilakukan pengamatan pada hari ke 7,14,21 dan 28 setelah tanam, data yang di dapat akan diuji dengan mengunakan ANOVA. Hasil penelitian menunjukan konsentrasi yang terbaik didapatkan pada konsentrasi NAA 0,1 mg/l dan BAP 2,5 mg/l pada eksplan Internodus dengan menujukan pertumbuhan kalus yang optimum pada minggu pertama 7 hari setelah tanam, berwarnah hijau segar dan presentase tumbuh 100%. Sumbangsih yang diberikan dari penelitian ini berupa booklet kultur jaringan tumbuhan yang divalidasi oleh ahli materi dengan nilai validitas rata-rata 4.66 dengan kriteria (valid), bahasa dengan nilai 4.8 (valid) dan tampilan media dengan nilai 4.36 (valid) sehingga media dapat digunakan sebagai sumber belajar pada mata pelajaran kultur jaringan kelas XII SMK. Kata kunci: Sambiloto (Andrographis paniculata), Zat Pengatur Tumbuh (ZPT), Tipe eksplan sambiloto.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Sambiloto (Andrographis paniculata) Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) Tipe eksplan sambiloto
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84205 - Pendidikan Biologi
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:31
Last Modified: 18 Oct 2021 07:31
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17154

Actions (login required)

View Item View Item