EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR DALAM MENCEGAH PESERTA DIDIK DARI KEMUNGKINAN PUTUS SEKOLAH ( DROP OUT ) DI SD IT NURUL IMAN PALEMBANG

Afrilia, Dina (2021) EVALUASI PROGRAM INDONESIA PINTAR MELALUI KARTU INDONESIA PINTAR DALAM MENCEGAH PESERTA DIDIK DARI KEMUNGKINAN PUTUS SEKOLAH ( DROP OUT ) DI SD IT NURUL IMAN PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
B. BAB I DINA.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text
F.BAB V DINA.pdf

Download (95kB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini ialah “ Evaluasi Program Indonesia Pintar Melalui Kartu Indonesia Pintar dalam Mencegah Peserta Didik dari Kemungkinan Putus Sekolah di SD IT Nurul Iman Palembang”. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa SD IT Nurul Iman termasuk sekolah yang menerapkan Program Indonesia Pintar. Penelitian ini bertujuan: 1) mengevaluasi Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar dalam mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah dan 2) mengetahui faktor yang menjadi pendukung dan penghambat evaluasi Program Indonesia Pintar melalui Kartu Indonesia Pintar dalam mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tujuan menggambarkan kondisi dan situasi serta fakta yang ada dilapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori penelitian ini menggunakan model kesenjangan (discrepancy) yang dikembangkan oleh Pravus. Kesesuaian program dapat dilihat melalui beberapa tahapan, yaitu desain, instalasi, proses, produk, analisis manfaat-biaya. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pelaksanaan PIP melalui KIP, PIP disosialisaikan pada saat penerimaan peserta didik baru. Peralatan seperti jaringan internet yang kurang memadai. Jumlah pengelola PIP ada 2 orang. Informasi mengenai pengusulan dan pencairan dana sudah jelas. Peran sekolah antara lain pengusulan, sosialisasi, dan pembuatan surat keterangan. 2) Faktor yang mendukung: komunikasi, informasi, sumber daya manusia. Faktor yang menghambat: anggaran, peralatan, konsistensi, kurangnya monitoring. Kata kunci : Evaluasi, Program Indonesia Pintar (PIP), Putus Sekolah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program Indonesia Pintar (PIP) Putus Sekolah
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:40
Last Modified: 18 Oct 2021 07:40
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17232

Actions (login required)

View Item View Item