UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV SDIT KAMILIYAH PALEMBANG

SITI ROHANA, SITI (2014) UPAYA GURU MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA MATA PELAJARAN SKI DI KELAS IV SDIT KAMILIYAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
isi skripsi siti rohana.doc

Download (588kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Upaya Guru meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui model Pembelajaran Every One Is A Teacher Here pada pelajaran SKI di Kelas IV SDIT Kamiliyah Palembang” Model pembelajaran Every One Is a Teacher Here merupakan salah satu model pembelajaran aktif sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Dengan munculnya rasa senang inilah diharapkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dapat ditingkatkan. Mengarah pada hal tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: apakah dengan menggunakan model pembelajaran Everyone is a Teacher Here dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI di kelas IV SDIT Kamiliyah Palembang? Metode yang digunakan ydalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui II siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDIT Kamiliyah Palembang yang berjumlah 24 siswa. Materi yang digunakan adalah Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Habsyah dan Thaif pada mata peajaran Sejarah kebudayaan Islam (SKI). Data yang dikumpulkan pada setiap kegiatan observasi dari pelaksanaan setiap siklus penelitian dianalisis secara deskripstif dengan menggunakan teknik persentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian diketahui bahwa penerapan model Every One Is a Teacher Here pada siswa kelas IV semester II tahun pelajaran 2013-2014 di SDIT Kamiliyah Palembang berjalan dengan sangat baik dan sesuai dengan rencana yang telah dibuat oleh peneliti dibantu oleh kolaborator. Dengan diterapkannya model pembelajaran Every One Is a Teacher Here hasil belajar siswa mengaalami peningkatan yang sangat baik pada setiap siklus penelitian. Yang mana pada prasiklus terdapat 13 siswa tuntas dari 24 siswa yang menjadi sample dalam penelitian dengan nilai rata-rata 69,8. Pada siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 15 siswa (63 %) dengan nilai rata-rata 82,9. Pada siklus II ketuntasan belajar naik menjadi 24 siswa (100 %) , dengan nilai rata-rata 85,8 . Berdasarkan hasil penelitian pada prasiklus, siklus I dan siklus II, dan penilaian tindakan observasi metode every one is a teacher here dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:41
Last Modified: 18 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17243

Actions (login required)

View Item View Item