ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI MASA PANDEMI COVID-19 KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN

Isnaini, Anna (2021) ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN) DI MASA PANDEMI COVID-19 KECAMATAN BANYUASIN III KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang “Analisis Pelaksanaan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) di masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Banyuasin III Kabupaten Banyuasin”. Adapun rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di masa pandemi Covid-19, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan administrasi terpadu kecamatan (PATEN) di masa pandemi Covid-19 kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis lapangan field research. Informan dalam penelitian ini yaitu camat, sekretaris camat selaku ketua pelaksana PATEN, dan pegawai PATEN. Sumber data yang digunakan yaitu data primer adalah data yang di dapat dari hasil wawancara dengan camat, sekretaris camat dan pegawai PATEN selain itu juga hasil observasi peneliti terhadap kegiatan pelaksanaan PATEN dan hasil dokumen terkait dengan pelaksanaan PATEN. Sedangkan sumber data sekunder yaitu pegawai kecamatan dan masyarakat yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitan ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Penelitian ini menggunakan indikator pelaksanaan yaitu pemberian motivasi, koordinasi, pengarahan dan komunikasi. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pelaksanaan PATEN di masa pandemi Covid-19 kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin dilaksanakan secara langsung/offline. Tidak terdapat perbedaan antara pelayanan sebelum pandemi dan setelah adanya pandemi. Namun pelayanan tetap dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan. Dalam pemberian motivasi kepada pegawai, atasan hanya memberikan pujian dan teguran kecil kepada pegawai. Adapun kegiatan koordinasi untuk PATEN tetap dilakukan seperti biasa yaitu setiap sebulan sekali, namun dalam pelaksanaan koordinasi tersebut dilakukan dengan menggunakan masker dan di ruangan yang lebih besar agar pegawai yang hadir dalam rapat koordinasi dapat menjaga jarak. Sedangkan dalam hal pengarahan, tidak ada cara khusus dalam memberikan arahan. Arahan tersebut diberikan setiap hari senin pada saat kegiatan apel pagi. Kemudian untuk komunikasi, karena dalam pelayanan dilakukan secara langsung maka tidak ada perbedaan dalam berkomunikasi. Hanya saja pihak kecamatan membuat tulisan-tulisan seperti untuk mencuci tangan, menggunakan masker dan tetap menjaga jarak untuk mengingatkan pegawai atau masyarakat yang hendak melakukan pelayanan. Adapun faktor pendukung dalam pelaksanaan PATEN di masa pandemi Covid-19 kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin yaitu SDM yang ada sudah terlatih dan adaptif, birokrasi tetap berjalan dengan baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan PATEN di masa pandemi Covid-19 kecamatan Banyuasin III kabupaten Banyuasin yaitu adanya refocusing anggaran dan masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:41
Last Modified: 18 Oct 2021 07:41
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17255

Actions (login required)

View Item View Item