TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN DANA UANG PADA BANK WAKAF MIKRO (Studi Pada Bank Wakaf Mikro Aulia Cendikia Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota Palembang)

Mulyani, Sri (2020) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP PENGELOLAAN DANA UANG PADA BANK WAKAF MIKRO (Studi Pada Bank Wakaf Mikro Aulia Cendikia Kelurahan Talang Jambe Kecamatan Sukarami Kota Palembang). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I yani-dikonversi.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II yani-dikonversi.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III YANI-dikonversi.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V YANI-dikonversi.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Pada saat ini pengelolaan harta wakaf mayoritas masih tradisional, dengan pengelolaan wakaf secara produktif harta benda wakaf bisa dikembangkan dengan cara yang inovatif dan kreatif. Permasalahan dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana pengelolaan dana uang pada bank wakaf mikro aulia cendikia, 2) bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pengelolaan dan uang pada bank wakaf mikro aulia cendikia. Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris atau sering disebut dengan penelitian lapangan yaitu mengkaji ketentuan hukum yang berlaku serta apa yang terjadi dalam kenyataan masyarakat, metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan terdiri dari tiga sumber data, yang pertama sumber data primer dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Data sekunder seperti data yang diperoleh dari buku-buku, karya ilmiah, studi pustaka. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal, pertama dalam mekanisme pengelolaan dana bank wakaf mikro aulia cendikia yaitu; 1) Nasabah dapat mengajukan pinjaman dana dalam bentuk kelompok usaha mikro kecil, dengan jumlah 2-5 kelompok dengan jumlah 5 orang, 2) Nasabah harus memenuhi persyaratan formulir pinjaman, 3) Nasabah yang sudah memenuhi persyaratan akan mengikuti pendamping berupa Pra PWK, 4) Setalah mengikuti Pra PWK nasabah setiap Kumpi wajib mengikuti Pelatihan Wajib Kelompok (PWK), 5) Setelah PWK berakhir maka calon nasabah menunggu pencairan dana dari bank wakaf mikro aulia cendikia, nasabah dinyatakan lulus dalam PWK maka akan mendapatkan pinjaman dana dari bank wakaf mikro aulia cendikia. Sistem pencairan dana menggunakan 2-2-1. Kedua, pengelolaan dana bank wakaf mikro aulia cendikia dalam hukum ekonomi syariah menggunakan prinsip syariah dengan akad pinjaman (al-qardh) pada transaksi pinjaman dengan nasabah. Karena, bank wakaf mikro tidak mengmbil keuntungan dalam pinjaman dana, maka dari itu dalam hukum ekonomi syariah menggunakan akad tabarru’. Akad tabarru’ adalah transaksi yang digunakan untuk tujuan saling tolong menolong dalam rangka berbuat kebajikan (Non For Profit viii Transaction). Namun demikian, pihak bank dibolehkan meminta biaya administrasi untuk menutupi biaya kepada nasabah, tetapi tidak tidak boleh mengambil laba keuntungan dari akad tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: 300 Ilmu sosial, Sosiologi dan Antropologi > 300 Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:50
Last Modified: 18 Oct 2021 07:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17314

Actions (login required)

View Item View Item