INJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENYELESAIAN GANTI RUGI SENGKETA TANAH TIDAK BERSERTIFIKAT MELALUI MEDIASI DI DESA TANJUNG KARI KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OGAN KOMRING ULU SELATAN

Arlisa, Arlisa (2020) INJAUAN HUKUM EKONOMI SYARI’AH TERHADAP PENYELESAIAN GANTI RUGI SENGKETA TANAH TIDAK BERSERTIFIKAT MELALUI MEDIASI DI DESA TANJUNG KARI KECAMATAN PULAU BERINGIN KABUPATEN OGAN KOMRING ULU SELATAN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB 1 (Arlisa-1641700012)_1.pdf

Download (551kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (Arlisa-1641700012).pdf

Download (570kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III (Arlisa-1641700012).pdf

Download (618kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V (Arlisa-1641700012)-dikonversi.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tanah atau wilayah merupakan unsur utama dari suatu negara, bagi bangsa Indonesia,yang merupakan suatu negara yang disebut sebagai bangsa agraris atau kepulauan,tanah mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam rangkah penyelenggaraan hidup dan kehidupan manusia.Sejak dulu tanah sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia sehari-hari dan merupakan kehidupan manusia yang mendasartanah merupakan tempat berdiam, mencari nafkah,berketurunan serta menjalankan adat istiadat.Berbagai persoalan hukum agraria yang berhubungan dengan tanah nampaknya jadi masalah yang masih urgen untuk ditelaah, tidak jarang disaksikan baik melalui media elektronik maupun media cetak mengungkap berbagai kasus pembebebasan tanah untuk suatu kepentingan,berdampak pada para pelaku yang berahir dengan kekerasan hingga pembunuhan. Penelitian ini, menggunakan jenis penelitian Field Research (lapangan) yaitu penelitian kejadian atau suatu peristiwa yang kemudian mencoba berintraksi dengan orang-orang atau peristiwa tersebut.Populasi adalah keseluruhan objek penelitian yaitu semua objek yang akan diteliti dan dari objek itu akan diambil sebagian yang akan mewakili untuk menginformasikan data yang diperlukan yang disebut sampel. Pupulasi dalam penelitian ini adalah masyarakat di desa Tanjung Kari yang bersengketa . Sedangkan sampel dalam penelitian kualitatif sering digunkan purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu, sepertiorang yang mengetahui masalah tentang permaslahan yang diteliti. Penyelesaian sengeketa tanah tidak bersertifikat di Desa Tanjung Kari Kecamatan Pulau Beringin yaitu dengan musyawarah/Mediasi, dimana dengan mendatangkan pihak ketiga/mediator/penengah,pihak�pihak yang lain untuk membuktikan dan untuk menyelesaikan sengketa tersebut, dalam menyelesaikan sengketa pihak ketiga harus adil. Besarnya ganti rugi yang dilakukan sesuai dengan kesepakatan bersama dan tanpa harus merugikan orang lain, dari pihak yang merugikan dan pihak yang dirugikan sama-sama rela, dan mereka ikhlas dengan apa yang sudah menjadi keputusan. Dalam tinjauan hukum ekonomi syariah yang dilakukan masyarakat Desa Tanjung Kari sudah sesuai dengan hukum sya’rah, dimana penyelesaian dengan secara musyawara, tidak merugikan satu sama lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:53
Last Modified: 18 Oct 2021 07:53
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17343

Actions (login required)

View Item View Item