ERROR ANALYSIS DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA SINTAKSIS PADA KARANGAN SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG

M. Jayanto, M. Jayanto (2020) ERROR ANALYSIS DALAM KEMAMPUAN BERBAHASA SINTAKSIS PADA KARANGAN SISWA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (515kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (297kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk error analysis dalam dalam kemampuan Berbahasa Sintaksis pada Karangan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Bentuk error analysis konstruksi sintaksis meliputi kesalahan konstruksi frase dan kesalahan konstruksi kalimat dalam Karangan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Subjek penelitian ini adalah Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Objek penelitian ini adalah error analysis dalam kemampuan berbahasa sintaksis pada Karangan Siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang. Metode penelitian yang saya digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, pengumpulkan data kesalahan konstruksi sintaksis pada karanngan pribadi siswa, menggunakan teknik simak dan catat. Kesalahan konstruksi frase meliputi susunan kata yang tidak tepat, makna yang redundan, dan ketidaklengkapan unsur frase. Penyebab error analysis bahasa sintaksis pada karangan pribadi siswa Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Palembang adalah disebabkan oleh faktor kesalahan gramatikal dan interferensi bahasa ibu yaitu bahasa palembang. Pertama secara gramatikal, kesalahan konstruksi sintaksis disebabkan penggunaan konstruksi frase dan kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah tata bahasa Indonesia baku. Kedua secara interferensi bahasa pada karangan pribadi siswa disebabkan oleh kemampuan bahasa siswa yang terpengaruh oleh bahasa pertama (palembang).

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: perpus perpus perpus
Date Deposited: 18 Oct 2021 07:57
Last Modified: 18 Oct 2021 07:57
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17376

Actions (login required)

View Item View Item