PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP AKTIVITAS BERMAIN ANAK PAUD ANANDA DI DESA TIRTA KENCANA KECAMATAN MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN

VIVI KAMILAH, VIVI (2011) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP AKTIVITAS BERMAIN ANAK PAUD ANANDA DI DESA TIRTA KENCANA KECAMATAN MAKARTI JAYA KABUPATEN BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH.

[img] Text
BAB I RALATAN.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB II RALATAN.doc

Download (92kB)
[img] Text
BAB III RALATAN.doc

Download (50kB)
[img] Text
BAB IV RALATAN.doc

Download (249kB)
[img] Text
BAB V RALATAN.doc

Download (26kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Pengaruh Kreativitas Guru Terhadap Aktivitas Bermain Anak PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin”. Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana kreativitas guru PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Bagaimana aktivitas bermain anak PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap aktivitas bermain anak PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dan untuk mengetahui aktivitas bermain anak serta untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap aktivitas bermain anak PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Jenis penelitian dalam skripsi ini kuantitatif deskriptif adalah menyangkut hasil angket yang telah disebarkan pada guru PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin yang dijadikan sampel dan penelitian kualitatif terfokus yang meliputi data yang diperoleh dari wawancara penulis dengan kepala sekolah dan guru. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin yang terdiri dari 5 orang guru. Untuk menentukan sampel dalam penelitian ini pnulis menggunakan tehnik Sampling Jenuh/Sensus yaitu tehnik penentuan sampel bila semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Jenis data yang penulis gunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer merupakan data yang bersumber dari tangan pertama atau pokok yang didapat dari penyebaran angket guru PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin yang dijadikan sampel. Sedangkan data sekunder merupakan data yang bersumber dari tangan kedua yaitu kepala sekolah yang berhubungan dengan masalah yang diteliti. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa menggunakan rumus Korelasi Koefisien Kontingensi. Hasil penelitian ini setelah dianalisis oleh penulis pada bab sebelumnya diperoleh hasil bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru terhadap aktivitas bermain anak PAUD Ananda di Desa Tirta Kencana Kecamatan Makarti Jaya Kabupaten Banyuasin. Berdasarkan hasil analisa statistik adalah 0,814 lebih kecil dari pada “r” tabel baik pada taraf signifikan 5 % adalah 0,878 maupun taraf 1 % adalah 0,959. Semoga skripsi ini bisa bermanfaat untuk penulis, sekolah yang penulis teliti (kepala sekolah dan guru) maupun pembaca agar bisa digunakan sebagai acuan untuk menciptakan situasi belajar yang interaktif edukatif serta guru bisa lebih berfikir kreatif dalam proses belajar mengajar supaya membangkitkan kreativitas anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: ?? L1 ??
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:01
Last Modified: 18 Oct 2021 08:01
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17389

Actions (login required)

View Item View Item