PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEMALSUAN SERTIFIKASI DAN PENCANTUMAN LABEL HALAL (Studi Terhadap Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen )

AHMAD YUSUF, DIDIK (2019) PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN TERHADAP PEMALSUAN SERTIFIKASI DAN PENCANTUMAN LABEL HALAL (Studi Terhadap Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang perlindungan Konsumen ). Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (327kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tulisan ini merupakan kajian literatur dengan pendekatan Normatif yang membahas tentang perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pemalsuan sertifikasi dan pencantuman label halal. Dalam proses perkembangannya sesungguhnya banyak kecurangan yang di lakukan oleh para pelaku usaha yang mengakibatkan kerugian dari bisnis yang sedang dikelola, hilangnya kredibilitas yang mengakibatnya kerugian duniawi. Rumusan maslah dalam skripsi ini adalah bagaima bentuk perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pemalsuan sertifikasi dan label halal menurut (Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan konsumen) dan bagaimana pandangan hukum pidana islam tentang terhadapa pemalsuan ini. Tujuan dari penelitian ini adalah memberikan gambaran umum mengenai pengaturan Sertifikasi Halal bagi Produk Pangan serta aspek Hukum yang berkaitan dengan Perlindunan Hukum dan mengetahui Sanksi yang dikenakan kepada pelaku serta perlindungan yang didapat . Manfaat Penelitian dilihat dari segi Akademis untuk mengembangkan ilmu pengetahuan,Manfaat Praktisuntuk memberikan masukan dan informasi bagi masyarakat luas Tentang Perlindungan Hukum atas Pemalsuan Sertifikasi dan Label. Metode yang digunakan adalah library research yang bertujuan untuk menjelaskan data tentang perlindungan hukum bagi konsumen terhadap pemalsuan sertifikasi dan labelisasi. Penelitian menunjukan bahwa dalam hukum islam belum ada yang secara spesifik dan secara detail ada nash yang membahas secara khusus membahas tentang pemalsuan sertifikasi dan labelisasi dalam hukum islam namun bukan berarti hal tersebut luput dari hukum islam karna sesunggunya pecakupan tentang hukum islam itu luas. Hasil dari penelitian ini menujukan bahwa peraturan perundang�undangan yang mengatur sertifikasi maupun labelisasi belum sepenuhnya memberikan kepastian hukum jaminan hukum bagi konsumen muslim terhadap pangan dan produk lainya,dalam hukum islam perbuatan tersebut termasuk kedalam hukuman ta’zir sebab tidak ada aturan yang spesifik dalam hal pemalsuan sertifikasi dan labelisasi. Kata Kunci : perlindungan hukum, pemalsuan , sertifikasi, labelisasi, ta‟zir

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:06
Last Modified: 18 Oct 2021 08:06
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17422

Actions (login required)

View Item View Item