TINJAUAN HUKUM ATAS PRIVATISASI AIR MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG – UNDANG NO. 7 TAHUN 2004 TENTANG SUMBER DAYA AIR

Wijayanto, Vico (2019) TINJAUAN HUKUM ATAS PRIVATISASI AIR MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM DAN UNDANG – UNDANG NO. 7 TAHUN 2004 TENTANG SUMBER DAYA AIR. Undergraduate Thesis thesis, UIN Raden Fatah Palembang.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (466kB) | Preview

Abstract

BSTRAK Penelitian ini berjudul tinjauan hukum atas privatisasi air menurut prespektif hukum Islam dan undang-undang No.7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air. Dua hal yang diangkat sebagai fokus penelitian. Pertama, Bagaimana Pengaturan Privatisasi Air Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air dan Kedua, Bagaimana Tinjauan Privatisasi Air Menurut Hukum Islam. Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui pengaturan Privatisasi Air Menurut Undang-Undang No. 7 Tahun 2004 Tentang Sumber Daya Air dan Mengetahui kedudukan Privatisasi Air Menurut Hukum Islam. Metode yang dipakai penelitian ini menggunakan studi kepustakaan (Library Reserch). Sumber data yang digunakan adalah sumber data pustaka yang terdiri dari bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Bahan hukum primer adalah sumber data pokok yang digunakan sebagai sumber utama dalam memperoleh data, seperti Alqur’an dan Hadist, Undang-Undang dan buku-buku yang berkaitan dengan penelitian. Bahan hukum sekunder meliputi data yang memberikan penjelasan terhadap data-data lain yang berkaitan dengan penelitian. Adapun bahan hukum tersier meliputi data tambahan yang memberikan penjelasan terhadap bahan hukum primer dan sekunder berupa jurnal dan website. Teknik analisis data adalah berupa analisis komperatif bersifat perbandingan dan disimpulkan secara deduktif dari umum ke khusus. Tinjauan pustaka menampilkan lebih bersifat teoritis yang nantinya digunakan sebagai bahan studi perbandingan antara teori yang berlaku dengan kenyataannya yang berlaku dalam praktek. Dari hasil penelitian didapatkan kontribusi Undang-Undang dan Hukum Islam dalam melindungi hak privatisasi dengan menganalisa aturan hukum yang berlaku. Dalam kontribusi Undang-Undang meliputi semua yang mencakup hak-hak atas Privatisasi air, serta dalam hukum Islam ix memenuhi hak-hak kedudukan privatisasi air yang tetap melekat pada nilai-nila islam. Kata Kunci: Pivatisasi, Air.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum (Umum)
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74233 - Perbandingan Mazhab
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 18 Oct 2021 08:37
Last Modified: 18 Oct 2021 08:37
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17443

Actions (login required)

View Item View Item