SANKSI PENGATURAN SKOR DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 1980 TENTANG TINDAK PIDANA SUAP DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM

MOH FADLI AL QORI, FADLI (2019) SANKSI PENGATURAN SKOR DALAM PERTANDINGAN SEPAK BOLA MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 1980 TENTANG TINDAK PIDANA SUAP DITINJAU DARI HUKUM PIDANA ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sepak bola merupakan salah satu olahraga yang paling diminati oleh masyarakat di dunia, sehingga menjadikan sepak bola menjadi lahan bisnis yang menguntungkan baik bagi pemain maupun orang-orang yang berhubungan dengan sepak bola. Sepak bola dalam perkembangannya terus tumbuh sebagai mesin industri ekonomi, tetapi hal tersebut tercoreng dengan adanya praktik pengaturan skor (match fixing) yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab demi keuntungan pribadi maupun kelompok. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Sanksi Terhadap Pelaku Pengaturan Skor Dalam Pertandingan Sepakbola Menurut Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap ?, (2) Bagaimana Tinjauan Hukum Pidana Islam Terhadap Sanksi Pengaturan Skor Dalam Pertandingan Sepakbola Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap ?. Manfaat penilitian dalam skripsi ini adalah : (1) Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi perkembangan ilmu hukum. (2) Penelitian ini berguna untuk menambah wawasan pengetahuan tentang pengaturan skor dalam pertandingan sepak bola. Metode penelitian yang penulis gunakan library research atau penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan sumber bahan hukum primer, sekunder dan tersier. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah melalui studi dokumen dari sumber bahan hukum primer, sekunder, dan tersier. Data yang diperoleh dari penilitan dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sanksi terhadap pelaku pengaturan skor dapat dikenakan dengan sanksi sebagaimana yang terdapat dalam Pasal 2 diketahui untuk pemberi suap dapat dikenakan dengan pidana penjara selama�lamanya 5 (lima) tahun dan denda sebanyak-banyaknya Rp. 15.000.000.- (lima belas juta rupiah). Dan Pasal 3 Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1980 Tentang Tindak Pidana Suap Sedangkan penerima suap dapat dikenakan dengan pidana penjara selama-lamanya 3 (tiga) tahun atau denda sebanyak-banyaknya Rp. 15.000.000.- (lima belas juta rupiah). Tinjauan Hukum Pidana Islam terhadap sanksi pengaturan skor dalam pertandingan sepakbola Undang-Undang Nomor 11 tahun 1980 tentang Tindak Pidana Suap, tidak ditentukan langsung didalam Al-Quran dan Hadist sehingga dalam hal penentuan sanksi diserahkan pada kebijaksanaan masing-masing hakim dengan tetap berpegang pada syariat islam. Sanksi tersebut disesuaikan situasi dan kondisi tertuduh serta melihat kemaslahatan yang perlu dijaga sehingga dalam menjatuhkan hukuman nantinya perlu diperberat atau sebaliknya. Kata Kunci : Pengaturan Skor, Sepak Bola, Hukum Pidana Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74231 - Hukum Pidana Islam (Jinayah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:49
Last Modified: 21 Oct 2021 01:49
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17639

Actions (login required)

View Item View Item