EFEKTIFITAS PENERAPAN TANGGAL KADALUWARSA PADA PRODUK USAHA RUMAHAN (STUDI KASUS HOME INDUSTRI KERUPUK KEMPLANG NABILA “3303” DI KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBANG)

NURDINA FITRI, NURDIANA (2019) EFEKTIFITAS PENERAPAN TANGGAL KADALUWARSA PADA PRODUK USAHA RUMAHAN (STUDI KASUS HOME INDUSTRI KERUPUK KEMPLANG NABILA “3303” DI KECAMATAN PLAJU KOTA PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul Efektifitas Penerapan Tanggal Kadaluwarsa Pada Produk Usaha Rumahan (Studi Kasus Usaha Rumahan Kerupuk Kemplang Nabila “3303” Di Kecamatan Plaju Kota Palembang). Pada Pasal 8 ayat (1) huruf g Undang-UndangNomor 8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yang mengatakan penjual dilarang “tidak mencantumkan tanggal kadaluwarsa atau jangka waktu penggunaan/ pemanfaatan yang paling baik atas barang tertentu”. Oleh karena itu penelitian ini mengambil permasalah adalah; Bagaimanakah Efektifitas penerapan tanggal kadaluwarsa pada kerupuk kemplang di Kecamatan Plaju Kota Palembang menurut Undang-Undang Perlindungan Konsumen? Bagaimanakah Tinjuan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap penerapan tanggal kadaluwarsa pada kerupuk kemplang di Kecamatan Plaju Kota Palembang Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa penelitian lapangan (field research) penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer dan didukung data sekunder dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan kepustakaan. Kemudian data-data tersebut di analisis dengan deskriptif, kualitatif dan disimpulkan secara deduktif. Hasil penelitian diperoleh bahwa Efektifitas tanggal kadaluwarsa pada produk makanan kerupuk kemplang Nabila “3303” di Kecamatan Plaju Kota Palembang belum diterapkan pada kemasan produk yang diperjualbelikan di pasaran karena para penjual beranggapan bahwa mereka sangat menjaga kualitas barang dagangannya dan selalu memeriksa dagangannya secara teratur. Dapat di pahami bahwa Usaha rumahan kerupuk kemplang yang berada di kecamatan Plaju kota Palembang tidak menaati aturaan yang diterapkan oleh pemerintah Dalam Tinjuan Hukum Ekonomi Syariah mengenai pencantuman tanggal Kadaluwarsa yang tidak di terapkan pada produk makanan kerupuk kemplang nabila “3303” di kecamatan Plaju kota Palembang tidak bertentangan dengan aturan Islam karena tidak ditemukan adanya penyimpangan yang dilakukan oleh pelaku usaha, produk yang diperjualbelikan dalam kondisi baik dari segi kemasan maupun isi produk dan layak untuk dikonsumsi. Namun untuk kemaslahatan bersama hendaknya dicantumkan tanggal kadaluwarsa agar tidak menjadi unsur kezaliman. Kata Kunci:Tanggal Kadaluwarsa, Perlindungan Konsumen dan Mashlahah Mursalah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:51
Last Modified: 21 Oct 2021 01:51
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17676

Actions (login required)

View Item View Item