IMPLEMENTASI AKREDITASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN

OKTANANDAR, M. RIDHO (2021) IMPLEMENTASI AKREDITASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs MA’ARIFUL ULUM BANYUASIN. Undergraduate Thesis thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (UIN) RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I M RIDHO OKTANANDAR.pdf

Download (681kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V M RIDHO OKTANANDAR .pdf

Download (256kB) | Preview

Abstract

Judul dari penelitian ini ialah “Implementasi Akreditasi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di MTs Ma’ariful Ulum Banyuasin” meliputi komponen-komponen standar nasional pendidikan, implementasi akreditasi mutu pendidikan, faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan. Penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan informan pendukung wakil kepala sekola bidang kurikulum, guru dan dokumen/arsip sekolah yang berkaitan dengan permasalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data berupa observasi , wawancara dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan model analisis Miles dan Huberman berupa data collection (pengumpulan data ), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), conclusion drawing/varivifation (penarikan kesimpulan). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan keabsahan data dengan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi akreditasi dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Ma’ariful Ulum Banyuasin sebagai berikut: komponen-komponen standar nasional pendidikan meliputi standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga pendidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, standar penilaian pendidikan. implementasi akreditasi mutu pendidikan meliputi implementasi akreditasi sebagai perlindungan masyarakat (Quality Assurance), implementasi akreditasi sebagai pengendalian masyarakat mutu (Qaulity Control), dan implementasi akreditasi sebagai pengembangan mutu (Quality Improvement). Faktor-faktor yang mempengaruhi mutu pendidikan meliputi kurikulum dan program pengajaran, tenaga pendidik dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana, dan hubungan sekolah dan lingkungan masyarakat. Adapun faktor pendukung dan penghambat sebagai berikut Faktor pendukung adalah guru, sarana prasarana dan kerja sama dengan pihak luar. Sedangkan faktor penghambat adalah waktu dan sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: fakultas tarbiyah dan keguruan
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:52
Last Modified: 21 Oct 2021 01:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17698

Actions (login required)

View Item View Item