WANPRESTASI DALAM AKAD JUAL BELI MELALUI JASA GO-FOOD DALAM PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH (STUDI PADA DRIVER GOJEK DI AREA KAMPUS UIN RADEN FATAH PALEMBANG)

SUPARMI, SUPARMI (2019) WANPRESTASI DALAM AKAD JUAL BELI MELALUI JASA GO-FOOD DALAM PRESPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARI’AH (STUDI PADA DRIVER GOJEK DI AREA KAMPUS UIN RADEN FATAH PALEMBANG). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB KESIMPULAN DAN SARAN.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berawal melihat dari adanya keresahan pada driver Gojek yang mengalami pembatalan sepihak oleh konsumen ketika driver telah melakukan transaksi pembayaran pada kasir restoran/rumah makan sesuai dengan pesanan konsumen, pembatalan sepihak yang dilakukan konsumen ini ada juga pada waktu sebelum driver melakukan transaksi pembayaran di restoran. makanan sudah maupun sebelum di bayar oleh driver tetap saja driver mengalami kerugian sehinga tidak adanya keadilan bagi pihak driver. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah, 1). Bagaimana mekanisme dalam akad jual beli melalui jasa Go Food. 2). Bagaimana tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap wanprestasi pada akad jual beli melalui jasa Go Food dalam prespektif driver Gojek di area kampus UIN Raden Fatah Palembang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field reseach), teknik pengambilan sampel mengunakan metode sowball sampling yaitu teknik pengambilan sampel sumber data yang awalnya jumlahnya sedikit lama-lama menjadi besar.Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yang diperoleh dari hasil wawancara dengan responden di lapangan, kemudian data skunder adalah sumber hukum kedua mengenai mengenai konsep-konsep yang terkait mengenai akad jual beli seperti buku-buku tentang. Akad, jual beli, wanprestasi, jurnal dan sebagainya. Untuk metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung, dan dokumentasi, kemudian data yang diperoleh akan dianalisis melalui analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan di lapangan bahwa wanprestasi dalam akad jual beli melalui jasa Go-Food di area kampus UIN Raden Fatah Palembang menurut hukum Ekonomi Syariah tidak diperbolehkan karena tidak adanya unsur keadilan bagi driver Gojek dari kerugian yang ditanggung driver atas pembtalan tersebut. Kata kunci : Wanprestasi. Jual beli, Go-Food, keadilan, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:52
Last Modified: 21 Oct 2021 01:52
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17708

Actions (login required)

View Item View Item