Ayu Wandira, Ayu (2019) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 22 PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (356kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (244kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. penelitian ini menggunakan metode eksperimen berbentuk Posttest Only Control Design. Penelitian ini mengambil dua kelas dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Kelas VIII.5 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, dan kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematika kepada siswa. data yang diperoleh dari hasil tes digunakan untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis diperoleh thitung = 4,7265 dan ttabel = 1,66629 dengan = 0,05 yang berarti thitung > ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Kata Kunci : Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, kemampuan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84202 - Pendidikan Matematika |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:54 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:54 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17724 |
Actions (login required)
View Item |