PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN RADEN FATAH PALEMBANG

RUMIATI, RUMIATI (2014) PENGARUH PELAYANAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEPUASAN PEMUSTAKA DI FAKULTAS ADAB DAN HUMANIORA UIN RADEN FATAH PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
BAB I,2,3,4,5.pdf

Download (889kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Pengaruh Pelayanan Perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang”. Latar bekangan masalah yaitu Perpustakaan dahulunya masih bergabung dengan ruang dosen dan pindah kelantai dua bergabung dengan ruang laboraturium bahasa tidak lamah kemudian setelah ada hasil perundingan maka laboraturium bahasanya pindah kelantai satu dan sekarang menjadi ruang perpustakaan. Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora memiliki Jurusan Ilmu perpustakaan sehingga Perpustakaan memiliki pelayanan yang baik dibandingkan perpustakaan Fakultas lainnya karena mahasiswa dapat memberikan kontribusinya dalam mengembangkan perpustakaan. Perpustakaan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan pemustaka karena ketebatasan bahan-bahan yang dibutukan oleh pemustaka. Tujuan penelitian ini Untuk mengetahuhi apakah terdapat pengaruh antara pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan pemustakah setelah dan sebelum renovasi di perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Jenis penelitian ini kuantitatif yang data diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus statistik uji “t”. Sumber data yang digunakan data primer yaitu pengunjung Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang, yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang Pemustaka atau pengunjung Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Data diperoleh melalui obserpasi, angket dan dokumentasi. Untuk mengetahui kepuasan pemustaka terhadap pelayanan setelah dan sebelum direnovasi dengan menyebarkan angket kepada pengunjung perpustakaan yang akan diteliti sedangkan untuk menganalisis pengaruh kepuasan pemustaka terhadap pelayanan setelah dan sebelum direnovasi menggunakan uji “t”. Hasil penelitian Pelayanan perpustakaan terhadap kepuasan Pemustaka setelah dan sebelum renovasi Perpustakaan di Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Dengan demikian, maka hipotesis nihil ditolak. Berarti antara Variabel X dan Variabel Y terdapat perbedaan mean yang signifikan. Berdasarkan hasil analisis statistik dalam penelitian ini, ada pengaruh yang signifikan antara Pelayanan perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka setelah dan sebelum direnovasi Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang. Hal ini terbukti dari hasil penelitian menunjukan bahwa = 2,89 cukup besar dari pada “t” tabel pada taraf signifikan 5% (2,02) dan taraf signifikan 1% (2,71) dengan ini dilambangkan 2,02<2,89>2,71. Oleh karena itu, hipotesis nol ditolak hipotesis alternatif diterima: berarti ada perbedaan yang signifikan antara setelah dan sebelum direnovasi. Dengan demikian, dapat diambil suatu interpretasi bahwa ada pengaruh positif antara Pelayanan perpustakaan terhadap Kepuasan Pemustaka setelah dan sebelum direnovasi Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:55
Last Modified: 21 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17744

Actions (login required)

View Item View Item