MIRANTI, MIRANTI (2017) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI SCROL (SURVEY THE HEADINGS, CONNECT, READ THE TEXT, OUTLINE, LOOK BACK)TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MADRASAH IBTIDAIYAH HIJRIYAH II PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
|
Text
skripsi MIRANTI (13270066).pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pembelajaran bahasa Indonesia pada tingkat Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah masih sangat rendah, khususnya dalam aspek keterampilan membaca. Keterampilan membaca mendapatkan suatu keterampilan dalam kegiatan yang berupaya untuk menemukan berbagai informasi yang terdapat dalam tulisan. Untuk meningkatkan keterampilan membaca maka siswa harus memahami makna kata�kata, memahami inti sebuah kalimat yang dibaca, mengetahui ide pokok pikiran dan tema dari suatu paragraf atau wacana, sehingga siswa mampu menyimpulkan isi bacaan dengan menggunakan bahasa sendiri. Salah satu strategi yang dapat memberi kesempatan yang luas kepada siswa untuk membaca di dalam kelas ialahstrategi SCROL. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalahbagaimana keterampilan membaca sebelum menerapkan strategi SCROL pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang,bagaimana keterampilan membaca siswasesudah menerapkan strategi SCROL pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang, bagaimana pengaruh penerapan Straregi SCROLterhadap keterampilan membaca siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Jenis penelitian yang digunakan eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Bentuk desain one group pretest-postest. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas V berjumlah 121 siswa, dengan sampel 30 siswa kelas VA. Alat pengumpulan data berupa observasi, tes praktik, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan rumus stastistik Product Moment. Hasil penelitian sebagai berikut keterampilan membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesiasebelum diterapkannya Strategi SCROL yang tergolong tinggi sebanyak 5 orang siswa (16%), tergolong sedang sebanyak 17 orang siswa (57%), dan tergolong rendah 8 orang siswa (27%).Sedangkan hasil keterampilan membaca yang sesudah diterapkan Strategi SCROL yang tergolong tinggi sebanyak 8 orang siswa (27%) tergolong sedang sebanyak 16 orang siswa (53%) dan tergolong rendah sebanyak 6 orang siswa (20%). Dengan demikian, keterampilan membaca siswa yang menggunakan Strategi SCROL tergolong baik.Berdasarkan analisis data dengan rumus product moment adalah nilai perhitungan lebih besar dari pada , baik pada taraf signifikan 5% maupun pada taraf 1% dengan rincian 0,361 0,463. Ha diterima dan Ho ditolak.inimenunjukkan bahwa penerapan Strategi SCROL itu telah berhasil meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas VA pada pembelajaran bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Hijriyah II Palembang. Kata Kunci: Strategi SCROL, Keterampilan Membaca
Item Type: | Thesis (Undergraduate Thesis) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | UPT Perpustakaan Pusat |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:55 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:55 |
URI: | http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17748 |
Actions (login required)
View Item |