PENGARUH MODAL USAHA, PENGALAMAN KERJA, DAN HARGA JUAL PRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PENAMBANG MINYAK BUMI DESA SUNGAI ANGIT KECAMATAN BABAT TOMAN DI TINJAU DARI EKONOMI ISLAM

AGUSTIAWAN, AGUSTIAWAN (2018) PENGARUH MODAL USAHA, PENGALAMAN KERJA, DAN HARGA JUAL PRODUKSI TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN MASYARAKAT PENAMBANG MINYAK BUMI DESA SUNGAI ANGIT KECAMATAN BABAT TOMAN DI TINJAU DARI EKONOMI ISLAM. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I SKRIPSI FIX.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II SKRIPSI FIX.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III SKRIPSI FIX.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV SKRIPSI FIX.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V SKRIPSI FIX.pdf

Download (149kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Perbandingan pendapatan masyarakat pengelola sumur minyak tua dengan pendapatan masyarakat sekitar serta dengan ukuran kemiskinan memperlihatkan bahwa keberadaan sumur minyak tua telah dapat mendorong peningkatan pendapatan masyarakat sehingga rata-rata pendapatan berada diatas garis kemiskinan. Pergeseran mata pencaharian masyarakat ini turut menggeser pula tingkat pendapatan masyarakat. Tingkat pendapatan masyarakat juga didorong oleh perubahan harga minyak di pasaran. Peningkatan harga minyak mendorong masyarakat untuk semakin banyak membuka sumur baru. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peranan modal usaha, pengalaman kerja, dan harga jual produksi terhadap peningkatan pendapatan masyarakat penambang minyak bumi di desa Sungai Angit, serta mengetahui pengaruhnya secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diperoleh memalui kuesioner sebagai instrumen penelitian. Penelitian ini dilakukan pada anggota KMK di desa Sungai Angit. Pengujian statistik yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan pengujian hipotesis. Data ini diperoleh dari kuisioner yang disebar kepada anggota KMK di desa Sungai Angit Kecamatan Babat Toman Kabupaten Musi Banyuasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh dari masing-masing variabel penelitian. Modal usaha berdasarkan hasil thitung 3,969 dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05, Pengalaman Kerja berdasarkan hasil thitung 3,336 dengan nilai signifikasi 0.001 < 0.05, dan Harga Jual Produksi berdasarkan hasil thitung 7,396 dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05, secara simultan dan parsial menunjukkan signifikan berpengaruh positif terhadap Peningkatan Pendapatan masyarakat penambang berdasarkan nilai Fhitung 45,313 > Ftabel 2,51 dengan nilai signifikasi 0.000 < 0.05. Sehingga semakin besar modal usaha penambang, pengalaman kerja yang dimiliki dan harga jual produksi yang meningkat dapat mempengaruhi peningkatan pendapatan penambang minyak bumi di desa Sungai Angit Kecamatan Babat Toman. Kata Kunci : Modal usaha, Pengalaman Kerja, Harga Jual Produksi, dan Pendapatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 74234 - Hukum Ekonomi Syariah (Mu'amalah)
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:55
Last Modified: 21 Oct 2021 01:55
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17756

Actions (login required)

View Item View Item