PERBANDIGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA MA PATRA MANDIRI PALEMBANG

HIRMA KARMILA, Hirma (2019) PERBANDIGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI SISTEM KOLOID KELAS XI MIA MA PATRA MANDIRI PALEMBANG. Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
2. BAB I.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (355kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Hirma Karmila: Perbandingan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi sistem koloid kelas XI MIA MA Patra Mandiri Palembang. Skripsi. Palembang: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang, 2019. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui hasil belajar siswa pada materi sistem koloid menggunakan model pembelajaran problem based learning (2) mengetahui hasil belajar siswa materi sistem koloid menggunakan model pembelajaran think pair share (3) bagaimana perbedaan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran model problem based learning dari pada model pembelajaran think pair share. Penelitian ini dilakukan dengan metode quasi eksperimen dengan jenis penelitian posttest-only control group design yang dilaksanakan di MA Patra Mandiri Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA, pengambilan sampel yang terpilih menggunakan teknik simple random sampling. Kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil belajar menggunakan model pembelajaran problem based learning adalah 72,54 dan rata-rata hasil belajar menggunkan model pembelajaran think pair share adalah 68,10. Hasil data statistik infrensial didapatkan thitung 2,384 > ttabel 1,992. Dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima yang bermakna terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning dan model pembelajaran think pair share pada materi sistem koloid kelas XI MIA MA Patra Mandiri Palembang. Kata kunci : Hasil belajar, Problem based learning, Think pair share.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:56
Last Modified: 21 Oct 2021 01:56
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17769

Actions (login required)

View Item View Item