ANALISIS TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QURAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA KECAMATAN TUNGKAL JAYA

: Mathlubillah, Mathlubillah (2019) ANALISIS TERHADAP PELAKSANAAN PROGRAM BACA TULIS AL-QURAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA KECAMATAN TUNGKAL JAYA. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
Tesis Mathlubillah.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan program baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan program baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda. (3) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan baca tulis Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Huda. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah konsep miles and Hubermas yang dikutip oleh Emzir yaitu reduksi data, model data (display data) dan Penarikan Kesimpulan/Verifikasi. Dalam menguji keabsahan guna memperoleh data yang valid menggunakan teknik yang dikemukakan oleh Moleong yaitu observasi yang terus menerus (persistent observation), trianggulasi (trianggulation) sumber data, metode, dan penelitian lain. Kemudian pengecekan anggota (member check), diskusi teman sejawat (reviewing), dan pengecekan mengenai ketercukupan. Hasil penelitian ini adalah (1) Dalam membuat perencanaan program baca tulis Al-Qur’an kepala madrasah melibatkan orang lain yaitu wakil kepala madrasah bidang kurikulum, wakil kepala madrasah bidang kesiswaan, dan guru BTA, adapu objek program tersebut aalah semua peserta didik. (2) Pada pelaksanaannya guru membuat perencanaan terlebih dahulu dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). (3) Dalam kegiatan belajar mengajar guru mengadakan apersepsi atau pembukaan seperti salam, mengucapkan basamallah, mengecek tugas minggu yang lalu dan mengabsen peserta didik. Kemudian eksplorasi yaitu guru membacakan terlebih dahulu setelah itu peserta didik yang membaca bersama, kemudian elaborasi yaitu guru memanggil peserta didik satu persatu untuk mengulangi bacaan, kemudian konfirmasi yaitu guru memberikan motivasi yang membangun kepada peserta didik, dan terakhir adalah penutup yaitu mengucapkan hamdallah dan mengucapkan salam. (4) metode yang digunakan guru adalah membaca, menyimak, dan pemberian tugas. (5) Pada evaluasi guru menerapkan evaluasi jenis formatif seperti ulangan harian dan jenis sumatif seperti ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. (6) faktor yang mempengaruhi pembelajaran baca tulis Al-Qur’an antara lain faktor instrumental seperti bahan ajar, metode pembelajaran, dan waktu pembelajaran, minat peserta didik, latar belakang pendidikan dasar, dan sarana dan prasarana.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 02:00
Last Modified: 21 Oct 2021 02:00
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17826

Actions (login required)

View Item View Item