KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2019 PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA PALEMBANG (STUDI KASUS KECAMATAN ILIR TIMUR II, GANDUS, JAKABARING)

Andini, Yunita (2019) KEPERCAYAAN MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN UMUM SERENTAK TAHUN 2019 PADA KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA PALEMBANG (STUDI KASUS KECAMATAN ILIR TIMUR II, GANDUS, JAKABARING). Undergraduate Thesis thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini terkait dengan Pemilihan Umum Serentak pada tahun 2019, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) dalam melaksanakan Pemilihan Umum dan faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepercayaan. Objek dalam penelitian ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang, teori yang digunakan teori kepercayaan menurut teori The Mc Knight mengenai model pembentukan kepercayaan dibangun pada awalnya sebelum pihak memiliki waktu untuk saling mengenal melalui interaksi dan traksaksi. Dua konsep kepercayaan Interpersonal atau niat mempercayai dan kepercayaan yang menguntungkan seperti kebajikan, integritas, kompetensi, prediktabilitas dan faktor-faktor dari kepercayaan terbagi dua,yaitu faktor rasional dan faktor relasional. Tipe penelitian menggunakan metode Desktiptif kualitatif yaitu dengan metode studi kasus berjenis penelitian lapangan. Sumber data dalam penelitian ini bagaimana pemikiran masyarakat tentang kepercayaan terhadap KPU. Data yang dikumpulkan dengan teknik wawancara dan mendokumentasikan. Data di analisa dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa setelah terjadi adanya masalah di tempat pemungutan suara (TPS) pada Kecamatan Ilir Timur II, Gandus, Jakabaring di Kota Palembang, berkurangnya rasa percaya mereka terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang dan terdapat dua faktor yang mempengaruhi kepercayaan pertama, faktor Rasional dimana pihak KPU telah memiliki komisioner dalam pemilihan umum dengan jabatan dan dapil yang ditetapkan. Kedua, faktor Relasional ini meyakinkan bahwa pejabat komisioner dapat terpilih melalui pengalaman institusi politik yang kuat. Setidaknya untuk pemilihan umum yang akan datang ditingkatkan lagi kinerja pegawai komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate Thesis)
Subjects: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan > 67201 - Ilmu Politik
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 03:50
Last Modified: 21 Oct 2021 03:50
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17849

Actions (login required)

View Item View Item