PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN HAFALAN DAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN SISWA DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG

Febriani Sidauruk, Dini (2019) PENERAPAN METODE KAUNY QUANTUM MEMORY DALAM MENINGKATKAN HAFALAN DAN PEMAHAMAN AL-QUR’AN SISWA DI MI NURUL QOMAR PALEMBANG. Masters thesis, UIN RADEN FATAH PALEMBANG.

[img]
Preview
Text
TESIS DINI FEBRIANI S.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Tesis ini berjudul “ Penerapan Metode Kauny Quantum Memory dalam Meningkatkan Hafalan dan Pemahaman Al-Qur’an Siswa di MI Nurul Qomar Palembang”. Permasalahan yang terjadi pada pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar adalah hafalan dan pemahaman siswa dalam proses menghafal masih rendah sehingga diperlukan metode yang memudahkan siswa dalam menghafal. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hafalan dan pemahaman siswa diterapkan metode Kauny Quantum Memory dalam proses pembelajaran menghafal siswa di MI Nurul Qomar Palembang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan adalah kuasi eksperimen. pengumpulan data dilakukan dengan tes lisan, wawancara, observasi, dan dokumentasi, Analisis data dengan menggunakan test T. Temuan pada penelitian ini adalah bahwa pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar Palembang dengan menerapkan metode Kauny Quantum Memory memiliki pengaruh yang signifikan. Hal ini terbukti dengan uji hipotesis yang menggunakan uji t, diperoleh harga sebesar = 4,112 sedangkan = 2,09. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa > atau 4,112 > 2,09. Karena = 4,112 lebih besar daripada harga = 2,09 pada taraf signifikan 5% dengan derajat kebebasan n-2 (22-2=20). Maka yang menyatakan tidak terdapat pengaruh signifikan dengan penerapan metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan hafalan dan pemahaman siswa pada pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar Palembang ditolak, sedangkan yang menyatakan terdapat pengaruh signifikan dengan penerapan metode Kauny Quantum Memory dalam meningkatkan hafalan dan pemahaman siswa pada pembelajaran Tahfiz di MI Nurul Qomar Palembang diterima. Jadi, metode pembelajaran Kauny Quantum Memory dapat dikatakan sebagai salah satu metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hafalan dan pemahaman Al-Quran siswa di MI Nurul Qomar Palembang

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Divisions: ?? Pendidikan_Agama_Islam_S2 ??
Depositing User: UPT Perpustakaan Pusat
Date Deposited: 21 Oct 2021 06:32
Last Modified: 21 Oct 2021 06:32
URI: http://repository.radenfatah.ac.id/id/eprint/17887

Actions (login required)

View Item View Item